Pangkalpinang Menuju Tiga Besar Anugerah Tinarbuka 2023

News  
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil didampingi Plt Kepala Dinas Kominfo Febri Yantomelakukan paparan pada uji kepatutan calon penerima Anugerah Tinarbukapresentasi Oleh Komisi Informasi Pusat (FOTO : Dinas Kominfo Pgk)

KAKI BUKIT, Pangkalpinang – Setelah menjalani tahapan uji kepatutan calon penerima Anugerah Tinarbuka 2023 untuk kategori Bupati/Wali Kota, Pemerintah Kota Pangkalpinang selangkah lagi lolos ke tiga besar calon penerima penghargaan yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI).

“Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil kemarin telah melakukan paparan pada uji kepatutan calon penerima Anugerah Tinarbuka. Alhamdulillah hasilnya, Kota Pangkalpinang masuk ke 10 besar nominator Anugerah Tinarbuka 2023, kini kami bersiap lolos ke tiga besar,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pangkalpinang Febri Yanto, Jumat (31/3).

Tahap selanjutnya menurut Febri, tim Komisi Informasi dan juri akan datang ke Pangkalpinang. “Saat ini Kota Pangkalpinang siap menerima visitasi tersebut dan totalitas untuk meraih penghargaan Tinarbuka tahun 2023 yang dilaksanakan perdana oleh Komisi Informasi,” ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama tim Pemerintah Kota Pangkalpinang pada uji kepatutan penghargaan Tinarbuka 2023.

Selain Wali Kota Pangkalpinang, pada uji kepatutan untuk kategori Bupati/Wali Kota juga diikuti calon penerima Anugerah Tinarbuka 2023 lainnya, yaitu Wali Kota Samarinda, Bupati Intan, Bupati Sumedang, Wali Kota Semarang, Bupati Sintang, Bupati Lumajang, Wali Kota Padang Panjang, Wali Kota Jambi, dan Wali Kota Bantul.

Uji kepatutan Anugerah Tinarbuka telah berlangsung sejak 27 Maret 2023 yang dibuka Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro. Menurut Donny, uji kepatutan ini sebagai memontum peningkatan pelaksanaan keterbukaan informasi publik (KIP) di tanah air.

Ketua KI juga menjelaskan bahwa Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka 2023 ini baru yang perdana dilaksanakan oleh KI Pusat sehingga perlu mendapatkan atensi dan keseriusan dari seluruh peserta. Anugerah Tinarbuka yang digagas secara cepat oleh Komisioner Bidang Kelembagaan KI Pusat merupakan rangkaian dari peringatan Hari Keterbukaan Informasi Publik (Hakin) 2023.

“Sekarang ini, baru pertamakalinya digelar anugerah Tinarbuka sehingga perlu dijadikan momentum bagi seluruh badan publik yang terpilih ikut uji kepatutan karena nanti penilaian akan lebih berat di masa mendatang,” kata Donny Yoesgiantoro.

Pelaksanaan Anugerah Tinarbuka 2023 akan dilaksanakan pada acara puncak peringatan Hakin di Kabupaten Kampar, Riau pada 4 Mei 2023. Untuk penyerahan Anugerah Tinarbuka 2023 direncanakan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Plt. Sekretaris KI Pusat Nunik Purwanti, Anugerah Tinarbuka adalah salah satu penilaian untuk monitoring pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Adapun subjek yang dinilai dan dimonitoring dalam anugerah ini adalah penyelenggara Pemilu, Kepala Dinas atau Direktur SKPD Provinsi serta Bupati dan Walikota,” ujarnya.

Tim juri dari Anugerah Tinarbuka 2023 selain dari KI Pusat, juga dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta dari Kementerian Dalam Negeri (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image