Kain Gambo Muba Mendapat Perlindungan HAKI, ini Keuntungannya

Gaya Hidup  
Kain Gambo Muba dalam desain busana. (FOTO : Dinkominfo Muba)

KAKI BUKIT – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) baru saja memberikan sertifikat HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) atas kain Gambo dari Musi Banyuasin (Muba). Sertifikat HAKI tersebut menjadi pertanda atas pengakuan Hak Cipta dari 11 motif kain Gambo Muba yang dibuat para pengrajin kain dari daerah berjuluk Bumi Serasan Sekate.

Sertifikat HAKI Gambo Muba tersebut diserahkan kepada Penjabat (Pj) Bupati Muba Apriyadi Mahmud pada acara Mobile Intelectual Property Clinic (MIC) Kantor Wilayah Kemekumham Sumatera Selatan (Sumsel) tahun anggaran 2023, Selasa, 23 Mei 2023.

Pemberian sertifikat HAKI adalah salah satu bentuk perlindungan HAKI yang kuat selain memberikan kepastian hukum, juga memberikan manfaat yang dapat dirasakan dari segi politis, ekonomi, sosial budaya, bahkan segi pertahanan keamanan pun bisa meraih manfaat dari adanya perlindungan HAKI ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengutip Wahyu Agus Kurniawati dalam, “Studi Perlindungan Hukum Hak Cipta Seni Batik di Kota Surakarta,” (2010), secara garis besar ada beberapa keuntungan dan manfaat yang dapat diharapkan dengan adanya perlindungan HAKI secara ekonomi, yaitu antara lain: 1) Perlindungan HAKI yang kuat dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan landasan teknologi nasional guna memungkinkan pengembangan teknologi yang lebih cepat lagi.

2) Pemberian perlindungan hukum terhadap Hak Kekayaan Intelektual dimaksudkan sebagai pada upaya dasarnya untuk mewujudkan iklim yang lebih baik bagi tumbuh dan berkembangnya gairah mencipta atau menemukan sesuatu di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra.

3) Pemberian perlindungan hukum terhadap HAKI bukan saja merupakan pengakuan negara terhadap hasil karya dan karsa manusia, melainkan juga merupakan penciptaan suasana yang sehat untuk menarik penanaman modal asing, serta memperlancar perdagangan internasional.

Perlindungan HAKI yang kuat selain memberikan kepastian hukum juga memberi manfaat yang dapat dirasakan dari segi politis, ekonomi, sosial budaya, bahkan segi pertahanan keamanan.

Hak Cipta dan Paten

Apa itu HAKI atau ada yang menulis HKI? Secara sederhana HAKI dipahami sebagai hak kebendaan yang tidak berwujud (intangible rights). Menurut pakar kekayaan intelektual David Baindridge, “Intellectual Property is the legal right which protect the product of the human intellect.” Maknanya adalah bahwa melekatnya hak dalam kekayaan intelektual, yaitu “hak atas kekayaan yang berasal dari karya intelektual manusia.”

Di Indonesia HAKI mencakup Hak Cipta dan Hak Paten yang diatur melalui undang-undang (UU) yang berbeda. Hak Cipta diatur dengan UU No.28/ 2014 tentang Hak Cipta dan Hak Paten diatur dengan UU No.14/ 2001 tentang Paten.

Secara hukum, keduanya menjadi hak atas kekayaan intelektual atau HAKI. Antara keduanya, memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk setiap aspek yang dilindungi. Biasanya terkait dengan urusan bisnis atau ekonomi.

Dalam pengertian hukum, Hal Cipta menurut UU No.28/2014 didefinisikan sebagai hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hak paten yang diatur dalam UU No.14/2001 menyatakan bahwa paten merupakan hak ekslusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image