Wiji Thukul dan Perlawanan Mahasiswa ORBA: Maka hanya satu kata: Lawan!

Budaya  
Mural Wiji Thukul Warga melintasi mural bertuliskan " Jangan Kau Penjarakan Ucapanmu,Jika Kau Menghamba Pada Ketakutan Kita Akan Memperpanjang Barisan Perbudakan" (FOTO : Republika/ Rakhmawaty La'lang)

KAKI BUKIT – Ada satu masa pada era Orde Baru (Orba) berkuasa, gerakan mahasiswa masa itu punya tagline yang sangat terkenal, khususnya pada tahun 1980 – 1990-an: “Maka hanya satu kata : lawan!”

Kata “Lawan!” menjadi idiom dari perlawanan gerakan mahasiswa pasca NKK/BKK (Normalisasi Kehidupan Kampus dan Badan Koordinasi Kemahasiswaan) yang membubarkan Dewan Mahasiswa pada seluruh perguruan tinggi, yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (1978 – 1983) Dr Daoed Yoesoef.

Masa itu terjadi depolitisasi kampus melalui politik NKK/BKKdengan tujuan membunuh aktivitas politik kemahasiswaan, gerakan mahasiswa periode 1981-1990 pun melemah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tagline kata “Lawan !” itu adalah bagian dari penggalan puisi berjudul

PERINGATAN”

Jika rakyat pergi Ketika penguasa berpidato

Kita harus hati hati

Barangkali mereka putus asa

Kalau rakyat sembunyi

Dan berbisik bisik

Ketika membicarakan masalahnya sendiri

Penguasa harus waspada dan belajar mendengar

Dan bila rakyat tidak berani mengeluh

Itu artinya sudah gawat

Dan bila omongan penguasa

Tidak boleh dibantah

Kebenaran pasti terancam

Apabila usul ditolak tanpa ditimbang

Suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan

Dituduh subversi dan menggangu keamanan

Maka hanya satu kata : lawan !

Solo,1986

Penggalan bait puisi, “Maka hanya satu kata : lawan !” atau tagline tersebut kemudian diadopsi gerakan mahasiswa yang berhasil menumbangkan Orde Baru yang ditandai dengan turunnya Soeharto dari kursi Presiden Republik Indonesia pada 1998.

Puisi Wiji Thukul tersebut tidak hanya dibacakan pada aksi mahasiswa pada zaman represif Orba tapi menjadi sebuah pamlet yang dipasang di dinding kamar kos mahasiswa, di ruang tempat mahasiswa masa itu berhimpun. Juga menjadi bait puisi yang selalu muncul pada halaman surat kabar, tabloid atau majalah Pers Mahasiswa yang dikelola mahasiswa di berbagai kampus.

Pada tanggal 26 Agustus 2023 pada banyak akun media sosial menulis dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun pada Wiji Thukul yang hilang tak diketahui keberadaan hingga kini. Jika masih hidup penyair kelahiran Solo tanggal 26 Agustus 1963 tersebut telah berusia 60 tahun.

Seorang wartawan media nasional Ilham Khoiri di laman Instagramnya menulis, “Meski fisiknya hingga kini hilang tak keruan rimbanya, inspirasi spiritnya terus hidup. Inspirasi untuk melawan segala kedzaliman”.

Wiji Thukul Hilang

Siapakah Wiji Thukul? Di kalangan mahasiswa dan di tengah masyarakat yang mengenalnya pada masa Orba, Wiji Thukul adalah seorang penyair yang juga aktivis perlawanan terhadap rezim Orde Baru. Buktinya ia berulang kali harus berhadapan dengan militer dan penguasa.

Wiji Thukul adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ayahnya adalah seorang penarik becak dan ibunya menjual ayam bumbu untuk membantu perekonomian keluarga. Sejak kecil bocah yang dipanggil “Thukul” sudah tertarik pada dunia teater dan sering menulis puisi yang ditekuni saat di bangku Sekolah Dasar (SD). Saat di bangku SMP Thukul bergabung dengan kelompok Teater Jagat.

Sehari-hari Wiji Thukul sering ngamen puisi keluar masuk kampung dan kota atau berjualan koran, jadi calo karcis bioskop, dan bekerja di sebuah perusahaan mebel.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image