288 Karya Foto dari Palembang dan Babel di Kilas Balik 2020-2021

Budaya  
Pembukaan Pameran Foto Jurnalistik Kilas Balik 2020-2021 yang berlangsung 18 - 20 Februari 2022 di OPI Mal. (FOTO : Maspril Aries)

KAKI BUKIT, Palembang – Setelah sempat vakum pada 2021, pameran foto jurnalistik bertajuk “Kilas Balik” hadir kembali di OPI Mal. Para pewarta foto yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang menghadirkan 288 karya foto dalam pameran foto “Kilas Balik 2020 – 2021” yang berlangsung 18 – 20 Februari 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Foto Jurnalistik “Kilas Balik 2020 – 2021” Sigit Prasetya, pameran kali menampilkan foto-foto karya 24 pewarta foto media cetak dan online. “Untuk pameran kali ini ada yang berbeda, karena diikut pewarta foto dari Provinsi Bangka Belitung atau Babel. Juga ada foto citizen journalism yang memberikan warna baru pada kilas balik pada tahun kedua masa pandemi,” katanya.

Menurut Ketua PFI Palembang M Hatta, pameran foto jurnalistiki Kilas Balik 2020-2021 mengusung tema “Adapatsi.” “Pameran Foto Kilas Balik 2020-2021 pada masa pandemi merupakan pameran yang ketujuh. Pameran kali ini juga menampilkan 11 foto story terbaik PFI. Pameran kali ini menampilkan foto peristiwa yang terjadi di Sumsel dan sekitarnya ketika dihadapkan pada pandemi Covid-19. Makanya tema pameran tahunnya dipilih ‘Adaptasi’,” ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Foto-foto yang dipamerkan adalah karya 24 pewarta foto Palembang dan Bangka Belitung. (FOTO : Maspril Aries)

Selain itu pada pameran kali ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel Amri Cahyadi bersama pewarta foto dari Pangkalpinang. Amri Cahyadi yang juga Ketua DPW PPP Babel menyampaikan apresiasi kepada Pewarta Foto Indonesia Palembang dan Bangka Belitung yang karya-karyanya merekam berbagai momen dan peristiwa pada 2020 – 2021 sehingga karya tersebut dapat nikmati masyarakat luas sebagai bentuk sumbangsih nyata memberikan pesan moral yang terekam dalam setiap foto.

Menurut Mushaful Imam pewarta foto senior Palembang mengatakan, “Tidak menutup kemungkinan untuk melakukan road pameran foto kilas balik untuk Sumatera Selatan dan Bangka Belitung di Pangkalpinang.”

Pada pameran kali ini ada beragam tema yang ditampilkan para pewarta foto Palembang, ada foto tentang seni budaya, seputar pandemi dan vaksinasi, belajar online sampai bertema lingkungan hidup dan perubahan iklim.

Sementara itu jumlah foto yang dipajang pada pameran kali ini jumlah lebih sedikit dibanding pameran foto jurnalistik “Kilas Balik 2018-2019” pada 2020 yang memasang 320 foto karya 32 jurnalis foto dan masyarakat (citizen) di Sumsel. (maspril aries­)

Berita Terkait

Image

Mereka Menulis: Sumsel Blackout

Image

Pesan Mantan Ketua DPRD Babel Kepada Penjabat Gubernur Babel “Amit-amit Jangan Sampai Pecah Telur”

Image

Dua Tahun “Gencatan Senjata” Perang Ketupat Kembali

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image