Kabar Ibu Ida Dayak Praktek di Palembang adalah Hoax

News  
Ibu Ida Dayak. (FOTO : Tangkapan layar YouTube Petualang Ibu Dayak)

KAKI BUKIT, Palembang – Popularitas nama Ibu Dayak perempuan dari Kalimantan yang memiliki kemampuan menyembuhkan pasien yang mengalami tulang bengkok, tulang patah, stroke, dan lainnya sudah sampai ke Palembang.

Warga di Palembang dan beberapa daerah lainnya sudah tahu bahwa Ibu Ida Dayak yang melakukan pengobatan cukup mengoleskan minyak urut khas Dayak akan buka praktek di Palembang terjadwal 1 – 4 Mei 2023. Kabar tersebut menyebar di media sosial (medsos) sejak awal April 2023.

Warga pun tertarik mencari tahu informasi yang menyebar di medsos bahwa perempuan bernama Ida Andriyani akan praktek di Gedung Graha Damelinda Convention Hall, Ruko Taman Ubud, Jalan Residen HA Rozak, Kecamatan Ilir Timur (IT) II. Untuk memastikan kabar tersebut warga pun mendatangi komplek pertokoan tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain kabar kedatangan Ibu Ida Dayak, kabar lainnya juga menyebar melalui pesan via WhatsApp (WA) yang isinya untuk pendaftaran sampai meminta pungutan uang pendaftaran. Pesan WA tersebut dikirim dari nomor-nomor berbeda.

Ada pesan bahwa di setiap kota yang didatangi Ibu Ida Dayak jumlah pasiennya dibatasi 500 pasien bagi yang berminat mendaftar WA nomor 0821-9369-3341. Setelah mendaftar admin akan memberi formulir yang harus diisi identitas pasien, dari nama, umur, jenis kelamin, dan dan nomor WA aktif. Pendaftaran dibuka mulai 28 Maret 2023.

Menurut beberapa warga yang sudah berkomunikasi mereka diminta untuk mentransfer uang sebesar Rp250.000 ke Bank BRI nomor rekening 0001.0102.1642.534 atas nama Anggi Yani. Asda warga yang lain menerima pesan serupa namun diminta mentransfer uang pendaftaran ke nomo0r rekenin berbeda, tetap Bank BRI nomor rekening 0437.0103.9116.530 atas nama Kholid Tiasno. Entah mana nomor rekening yang benar tidak bisa dikonfirmasi?

Semantara di lokasi Gedung Graha Damelinda Convention Hall, Ruko Taman Ubud, sejak kemarin terpasang pengumuman pada selembar kertas ukuran folio yang menempel di pagar yang ditulis dengan huruf kapital. Isinya, “TIDAK ADA PENGOBATAN IBU DAYAK DI GRAHA DAMELINDA (BERITA TERSEBAR VIA WA ADALAH HOAX).”

Mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diingin, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib menyatakan, tidak ada kegiatan pengobatan Ibu Ida Dayak di Palembang seperti tersebar melalui media sosial.

Penjelasan yang sama disampaikan Kapolsek IT II Kompol Fadilah Ermi Ersa Yani. Menurutnya, belum ada menerima permohonan izin dari pihak panitia yang akan melaksanakan kegiatan pengobatan Ibu Ida Dayak Graha Damelinda.

Kapolsek Fadilah Ermi juga mengimbau masyarakat yang menerima pesan via WA untuk tidak buru-buru mentransfer uang ke rekening yang tertera pada broadcast WA tersebut. “Jika ada yang sudah terlanjur mentransfer, diimbau membuat laporan polisi ke Polrestabes Palembang atau ke Polda Sumsel,” ujarnya. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image