Cuan dari Dividen dan cara Membaginya (Bagian 2 - Habis)

Bisnis  

Penambangan batu bara PTBA Tbk (FOTO : Humas PTBA)

Dalam perusahaan BUMN, pemerintah sebagai pemegang saham terbesar sangat menentukan besarnya dividen yang dibayarkan. Sedangkan, pada perusahaan swasta tidak demikian. Besar kecilnya dividen dalam perusahaan swasta dipengaruhi oleh para pemegang saham yang tidak berasal dari pemerintah.

Apa itu dividen? Dividen adalah bagian dari laba bersih yang dibagikan kepada para pemegang saham. Selain dibagi kepada pemegang saham dalam bentuk dividen, laba bersih itu ditahan di dalam perusahaan untuk membiayai operasi perusahaan dan disebut sebagai laba ditahan.

Mengutip Dewi Astuti dalam “Manajemen Keuangan Perusahaan” (2004) bahwa kebijakan dividen merupakan salah satu return yang diperoleh oleh pemegang saham dalam kegiatan menanam modal di perusahaan selain capital gain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sementara itu kemampuan membayar dividen erat hubungannya dengan kemampuan perusahaan memperoleh laba. Jika perusahaan memperoleh laba yang besar, maka kemampuan membayar dividen juga besar. Apabila dividen yang dibayar tinggi, maka harga saham cenderung tinggi sehingga nilai perusahaan juga tinggi.

Sebaliknya jika dividen yang dibayarkan kecil maka harga saham perusahaan tersebut juga rendah. Oleh karena itu, dengan dividen yang besar akan meningkatkan nilai perusahaan.

Pada putusan RUPS PTBA 2023, dengan mengutip pendapat Miller dan Modigliani (1961) dalam teori signaling hypothesis bahwa penurunan dividen umumnya akan menyebabkan harga saham mengalami penurunan dan sebaliknya kenaikan dividen seringkali diikuti dengan harga saham yang mengalami kenaikan maka pembagian dividen dapat menjadikan sinyal dari perusahaan akan laba dimasa yang akan datang.

Jika teori signaling hypothesis benar, maka dividen PTBA pada tahun buku 2023 akan meningkat itu berarti cuan yang dinikmati para pemegang saham BUMN tambang batu bara tersebut akan meningkat, demikian pula cuan yang diraup Pemprov Sumsel (dengan catatan jumlah saham tersebut tidak berkurang karena dijual).

Jadi pembayaran dividen akan meningkatkan kepercayaan dan mengurangi ketidakpastian investor dalam menanamkan modalnya. Besar kecilnya dividen yang akan dibagikan oleh perusahaan tergantung pada kebijakan dari masing masing perusahaan berdasarkan pertimbangan manajemen perusahaan.

Berdasarkan penelitian Anggi Angga Resti tentang “Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Bumn Go Public” (2018) menarik kesimpulan bahwa kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Dengan keputusan manajemen membagikan dividen dengan mempertimbangkan dari jumlah laba ditahan telah direspon baik oleh para investor atau pemilik perusahaan sehingga perusahaan mampu mengelola laba ditahan dengan baik dan dapat menghasilkan return kepada pemilik perusahaan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Harapan dan doanya untuk PTBA adalah semoga kinerja perusahaan pada 2023 terus meningkat sehingga dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham dapat lebih besar dari dividen 2022. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image