Duta Baca Gol A Gong Safari Literasi 28 Hari Keliling 15 Kota di Pantura

Literasi  
Gol A Gong pada Safari Literasi Pantura. (FOTO : FB Gol A Gong)

KAKI BUKIT – Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia terus menjalankan tugasnya. Kini penulis novel “Balada si Roy” tersebut tengah safari literasi dengan mendatangi kota-kota di pulau Jawa.

“Sejak 28 Oktober kami tengah menjalani Safari Literasi Pantura Duta Baca Indonesia dan Perpustakaan Nasional berkeliling dengan mendatangi kota-kota di pantai Utara Jawa. Sampai hari ini 24 November 2023 sudah 15 kota didatangi”, kata Gol A Gong dalam keterangan pers, Jumat (24/11).

Duta Baca Gol A Gong pada Safari Literasi Pantura tidak sendiri, disertai dua orang asisten, Rudi Rustiadi dan Daniel Mahendra. Perjalanan safari literasi kali ini dimulai 28 Oktober 2023 dari Rumah Dunia, Kota Serang dengan dilepas oleh para relawan dan dua Presiden Rumah Dunia, Abdul Salam HS (Presiden kelima) dan Firman Venayaksa (Presiden kedua).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selama safari dengan singgah di 15 kota tersebut Gol A Gaong melakukan beragam kegiatan dengan melibat berbagai komunitas literasi juga institusi terkait dengan literasi yang ada di setiap kota.

Gol A Gong memberikan pelatihan menulis di SLB Negeri Kota Magelang. (FOTO: FB Gol A Gong).

“Selama safari literasi saya memberi pelatihan menulis, pembicara pada seminar, memberi kuliah kuliah umum, bedah buku, wawancara tokoh literasi, diskusi literasi, celemek ajaib paman Gong hingga pelatihan membuat alat peraga literasi dari dus bekas,” kata Duta Baca Indonesia yang memiliki nama lengkap Heri Hendrayana Harris.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara kegiatan, tanpa dukungan kalian Safari Literasi Pantura akan sulit terlaksana. Semoga kegiatan yang kita laksanakan mendapatkan keberkahan, juga memberi dampak positif sehingga dapat meningkatkan Indeks literasi masyarakat,” ujar Gol A Gong.

Daftar 15 kota/ daerah penyelenggara Safari Literasi Pantura : Serang, Kuningan, Tegal, Kendal, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjom Bangkalan, Jember, Lumajang, Yogyakarta, Magelang, Purbalingga dan Banyumas.

Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kendal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lumajang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purbalingga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tuban

Juga melibatkan perguruan tinggi, yaitu STKIP Muhammadiyah Kuningan, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Wijayakusuma, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Jember, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Safari literasi ini juga melibatkan komunitas, Rumah Dunia, Pondok Kata RZ, Sakila Kerti, TBM Nglarasati, Pesantren & Rumah Budaya Ndalem Wongsorogo, Komunitas Menulis Guru Tuban, Omah Gemar Maos, Bilik Nulis, Iqro Semesta, Rumah Baca Jendela Dunia, TBM Amaza, Omah Sinau Gesang Creative Space, TBM Joglo Baca, Limbah Pustaka dan Omah Buku

Juga perpustakaan desa, yakni Perpustakaan Desa Rumah Pelangi Gresik, Perpustakaan Desa Kamal Bangkalan, Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Lumajang, Perpustakaan Desa Blondo Magelang. Juga Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan, Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo, Pondok Pesantren Bil Qolam Yogyakarta. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image