Film Parasite Puncak Prestasi Film Korea di Dunia

Budaya  
Film Parasite menggambarkan kesenjangan kehidupan si kaya dan si miskin di Korea Selatan. (FOTO: ptanime.com)

KAKI BUKIT – Dunia selebriti Korea tengah berduka karena meninggalnya aktor senior Lee Sun Kyun. Aktor yang berperan sebagai Park Dong Ik dalam film berjudul Parasite ditemukan meninggal di dalam mobilnya pada Rabu (27/12/2023).

Kabar kematian aktor yang sudah membintangi banyak film layar lebar dan serial televisi tersebut juga merambah sampai ke Indonesia, maka banyak media sosial dan media massa ikut cawe-cawe mendaur ulang kisah dari pemeran lakon kelahiran 2 Maret 1975.

Aktor senior Lee Sun Kyun bersama aktor dan artis Cho Yeo-jeong, Park Seo-joon, Park So-dam, Choi Woo-shik, Song Kang-ho, Jung Ji-so, bersama sutradara Bong Joon-ho pernah membuat Dolby Theatre, Los Angles bergemuruh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hari itu 9 Februari 2020 menjadi hari yang fenomenal bagi film Parasite film dari Korea Selatan yang membawa pulang penghargaan tertinggi sebagai “Film Terbaik” dari ajang bergengsi yang seringkali dianggap sebagai pencapaian tertinggi untuk sebuah film – Piala Oscar.

Film Parasite juga menyabet empat Piala Oscar untuk Sutradara Terbaik oleh Bong Joon-ho dan Naskah Asli Terbaik yang juga ditulis Bong Joon-ho dan Film Berbahasa Asing Terbaik. Empat Piala Oscar 2020 diboyong ke negara ginseng tersebut.

Ini menjadikan kemenangan historik, bukan tanpa sebab atau tidak membawa dampak yang dapat mengguncang dunia perfilman ke depannya. Kemenangan Parasite menjadi kajian dan analisis menarik dari dunia perfilman Korea Selatan.

Di web https://ew.com/oscars/2020/02/10/parasite-awardist-analysis/ menyebutkan film-film Korea Selatan terus berkembang dan mendapat respon positif dari berbagai belahan dunia. Sejak Oldboy (2003), film thriller karya Park Chan-wook yang diangkat dari komik Jepang berjudul sama meraih penghargaan Grand Prix dalam Festival Film Cannes, sejak saat itu semakin banyak film-film Korea yang bersinar di kancah internasional.

Sebut saja diantaranya, film-film seperti The Host (2006) dan Train To Busan (2016) yang tidak hanya meraih pujian kritikus namun juga oleh penonton di seluruh dunia. Pada tahun 2018, film berjudul Handmaiden yang juga disutradarai Park Chan-Wook meraih penghargaan “Film berbahasa Asing Terbaik” dalam ajang BAFTA di Inggris.

Lalu tahun 2019, film Burning karya Lee Chang-dong mewakili Korea Selatan masuk dalam daftar pendek calon nominasi “Film Berbahasa Asing” Oscar sebelum akhirnya tereliminasi dari nominasi akhir. Film Parasite akhirnya menembus nominasi ini dan menjadi film Korea Selatan pertama yang bersaing di Academy Awards ke – 92 – nama resmi ajang Piala Oscar pada awal tahun 2020.

Parasite adalah film ketujuh dari sutradara Bong Joon-Ho. Sutradara kelahiran Daegu, Korea Selatan ini telah lama malang-melintang di jagat perfilman dan menarik perhatian pecinta film internasional sejak film keduanya, Memories of Murder (2003).

Film ini bahkan dimasukkan oleh Sutradara Quentin Tarantino dalam daftar film-film favoritnya. Paparan dan publisitas dari sutradara ternama Hollywood yang kemudian menjadi sahabatnya ini memberi kesempatan bagi Bong untuk menembus kancah internasional. Bong bahkan sempat mengucapkan terima kasih atas kontribusi Tarantino dalam karirnya saat menerima piala Oscar untuk “Sutradara Terbaik”.

Di tahun 2013 Bong merilis film berbahasa Inggris pertamanya berjudul Snowpiercer”. Diangkat dari komik science fiction Prancis, proyek ini menarik minat produser langganan Tarantino, Harvey Weinstein, yang saat itu masih mengepalai The Weinstein Company.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image