Ini Kebiasaan Unik Marc Marquez Sebelum Balapan

Politik  
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (FOTO : Antara/Ahmad Subaidi)

KAKI BUKIT – Tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 sudah berakhir Ahad (13/2). Sebelum tes pra musim dimulai, salah seorang pebalap MotoGP setiba di Lombok sudah langsung diajak warganet “berkeliling” Indonesia di alam maya. Pebalap tersebut adalah Marc Marquez.

Pebalap kelahiran 17 Februari 1993 di Spanyol tersebut berkat kecanggihan teknologi digital foto-foto memenya membuat dia sudah “singgah” ke Aceh, Bengkulu, Palembang, Jakarta, Bekasi, Pati, dan Ngawi serta kota lainnya di Indonesia.

Kini pebalap dari tim Repsol Honda tersebut bersiap menuju Qatar untuk balapan pada Motorcycle Grand Prix (MotoGP) seri pertama di sirkuit Losail, Qatar pada 6 Maret 2022. Setelah itu pertengahan Maret, Marc Marquez akan kembali ke Indonesia untuk turun pada ke MotoGP seri kedua di sirkuit Mandalika, 20 Maret 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijamin banyak cerita dan kesan tentang pebalap juara dunia MotoGP enam kali tersebut (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019) selama berada di Indonesia atau Lombok. Kehadirannya Marc Marquez selalu ditunggu. Pebalap yang dijuluki The Baby Alien tersebut di MotoGP atau arena balap pebalap motor di kelas para raja tersebut prestasi sangat moncer.

Pertama kali turun pada MotoGP 2013 Marc Marquez langsung meraih mahkota juara menjadi 1 World Champion 2013. Tetapi sebelumnya dia sudah sukses menjadi juara dunia kelas 125 cc pada 2010, juara dunia kelas Moto2 pada 2012. Pada persaingan MotoGP, Marc Marquez tercatat sebagai juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP.

Bahkan Marc Marquez yang telah membalap sejak usia lima tahun mampu menjadi pebalap termuda yang yang meraih juara dunia pada semua kelas, memecahkan rekor yang dipegang Valentino Rossi. Pebalap dari Repsol Honda, prestasinya mampu melewati pebalap Mick Doohan yang lima kali menjadi juara MotoGP. Sampai 2021 prestasi itu masih di bawah Valentino Rossi 7 kali dan Giacomo Agostini 8 kali.

Marc Marquez di lintasan sirkuit.

Dua pebalap Valentino Rossi dan Marc Marquez dalam setiap balapan memiliki kebiasaan yang unik. Ada yang menyebutnya sebagai “ritual unik.” Jika Valentino Rossi pebalap kelahiran Italia pada setiap balapan selalu jongkok di samping motornya sebelum balapan dimulai.

Lain halnya dengan Marc Marquez, sebelum balapan dimulai dia selalu tidur. Sepertinya menjadi ritual bagi The Baby Alien sebelum turun ke lintasan sirkuit. Marquez pernah bercerita, anggota tim mekaniknya sempat kaget ketika menemukan sang pebalap tengah tertidur pulas di garasi.

Menurutnya dengan tidur, dirinya merasa rileks dan semakin baik saat mengemudi di “kuda besi.” Beberapa kali dirinya sempat tertidur di garasi sebelum balapan dimulai. Para anggota tim mekaniknya nyaris tidak percaya dengan kelakuan sang juara dunia tersebut.

Tetapi memang pesan yang bijak apa lagi di tengah pandemi saat ini setiap orang disarankan tidur yang cukup Apa lagi atlet memang selain makanan bergizi juga harus istirahat dan tidur yang cukup.

Ada juga media yang menulis ritual unik dari Marc Marquez, yakni selalu menggunakan celana dalam dengan warna tertentu saat balapan. Untuk sesi latihan bebas dia selalu mengenakan celana dalam berwarna biru dan saat balapan akan mengenakan celana dalam warna merah.

Percaya atau tidak? Seri MotoGP 2022 akan menguji kebenaran kebiasaan atau ritual unik tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image