Ayo Daftar Kuliah di AKIPBA dengan Beasiswa Penuh 100 Persen

Eduaksi  
Para Mahasiswa AKIPBA bersiap kuliah praktek. (FOTO : Humas PTBA)

KAKI BUKIT – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Holding Industri Pertambangan MIND ID mendirikan sebuah perguruan tinggi bernama Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA). AKIPBA memperoleh perizinan dari Kemenristekdikti pada tanggal 18 Februari 2019 melalui SK Nomor 90/KPT/I/2019.

Pada tahun akademik 2022/2023 AKIPBA yang kampusnya beralamat Jalan Bukit Munggu No. 1 Tanjung Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) kembali membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Dalam keterangan persnya, perguruan tinggi yang bernaung di Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba) membuka pendaftaran sejak 25 Agustus - 4 September 2022. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://pmb2022.akipba.ac.id/. Untuk informasi lengkap kunjungi website http://akipba.ac.id/.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Peserta yang mendaftar akan menjalani proses seleksi terdiri dari Seleksi Administrasi, Tes Online (Akademik dan Sikolastik), Tes Psikotes, Tes Wawancara, Visitasi, dan Tes Kesehatan.

Mahasiswa AKIPBA di kampusnya

Yang menarik dari AKIPBA, perguruan tinggi ini akan memberikan beasiswa penuh kepada para peserta yang dinyatakan lulus seleksi alias gratis biaya kuliahnya.

AKIPBA memiliki tiga program studi Diploma Satu (D1) yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang (T-POT), Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT), dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara (T-PHT).

AKIPBA adalah lembaga pendidikan tinggi didirikan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Tbk, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), PT Antam Tbk (ANTM) yang tergabung dalam Holding Industri Pertambangan MIND ID.

AKIPBA yang mulai beroperasi pada tahun akademik 2020/2021 merupakan institusi pendidikan tinggi vokasi di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba) ini merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam pemenuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

Bagi yang berminat harus memperhatikan persyaratan umum yang ditetapkan untuk calon mahasiswa baru, antara lain: Warga Negara Indonesia, Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020, 2021, 2022 (Terakreditasi A), Berkelakuan baik, sehat jasmani dan rohani, serta tidak buta warna, Belum menikah. Khusus untuk prodi pengoperasian Alat Tambang tinggi badan minimal 165 cm, laki-laki dan umur minimal 18 tahun (pada 1 September 2022).

Mahasiswa AKIPBA sedang kuliah praktek.

Dari tiga program studi yang ada di AKIPBA, Program Studi Teknik Pengoperasian Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pengoperasian Mesin dan Peralatan Pertambangan.

Program Studi Teknik Perawatan Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pemeliharaan Alat Tambang yang meminiki kompetensi dalam bidang pemeliharaan alat tambang.

Dan Program Studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara menyiapkan lulusannya sebagai Operator Mesin Pengolahan Hasil Tambang. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Museum Batu Bara Cuma Ada di Indonesia

Image

Dua BUMN dari Sumsel Satu Tahun Raup Cuan Besar

Image

Usia 41 Tahun Bukit Asam Bertransformasi Menjadi Perusahaan Energi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image