Cari Tahu Sejarah Bendera Merah Putih

Literasi  
Pengibaran bendera Merah Putih pada HUT RI 17 Agustus 2022. (FOTO : BPMI Setpres/ Muchlis JR)

KAKI BUKIT – Saat pembukaan Sea Games XXXII yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (6/5) banyak media massa Indonesia mengangkat insiden bendera nasional Indonesia dipasang terbalik. Bendera Merah Putih terpasang terbalik dengan warna putih di atas dan merah di bawah, persis bendera negara Polandia.

Harusnya Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) tahu bahwa Polandia tidak mengirimkan atletnya ke SEA Games yang akan berlangsung sampai 17 Mei 2023 tersebut. Tapi apa boleh buat insiden sudah terjadi, Indonesia sudah menyampaikan protesnya dan Pemerintah Kamboja pun minta maaf.

Insiden bendera terbalik bisa saja karena faktor tidak tahu. Namun mustahil tidak tahu pada era digital tentang bendera negara-negara di dunia termasuk bendera Indonesia yang sama-sama negara anggota Asean. Tinggal klik saja cari di internet bendera nasional Republik Indonesia pasti ketemu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mereka di Kamboja tidak tahu bendera Indonesia berwarna merah dan putih, apakah kita yang warga negara Indonesia tahu sejarah bendera Merah Putih? Ayo cari tahu dengan membaca sejarah bendera Merah Putih.

Bendera Merah Putih adalah salah satu identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Warna merah dan putih menyimpan beragam makna dan sejarah panjang yang terkait dengan Nusantara pada masa kerajaan.

Bendera Merah Putih telah ada sejak zaman dahulu sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Bendera Merah Putih sejak lama berperan dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Akhirnya bendera Merah Putih dikukuhkan sebagai Bendera Kebangsaan sekaligus Identitas Nasional yang mengintegrasikan semua perbedaan yang ada.

Ada banyak catatan sejarah dalam beberapa literasi yang bersumber dari buku, jurnal ilmiah, dan lainnya tentang bendera Merah Putih. Dengan menggunakan metode historiografi sejarah kita dapat menemukan sejarah panjang bendera Nasional Indonesia.

Pada zaman penjajahan kolonial, bendera Merah Putih awalnya dikenal sebagai bendera organisasi. Pertama kali digunakan oleh organisasi Indische Vereeniging, sebuah organisasi yang didirikan oleh pemuda Indonesia yang belajar di Negeri Belanda pada Tahun 1908.

Namun referensi sejarah ada mencatat bahwa bendera dengan warna merah dan putih pernah digunakan oleh Kerajaan Majapahit sebagai umbul-umbul perang. Ada banyak serat atau kidung lain yang berasal dari masa Kerajaan Majapahit yang memberi penggambaran mengenai fungsi Bendera Merah Putih masa itu. Serat dan kidung inilah menjadi rujukan tentang sejarah bendera Merah Putih.

Muhammad Yamin tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia dan pahlawan nasional pernah menulis bahwa ada tiga peristiwa yang menjadi awal dari sejarah Sang Merah Putih.

Pertama, terkait berlajutnya kepercayan pada tunjung-teratai merah putih dan kepada burung elang rajawali yang terlukis pada candi-candi dan lukisan tertua. Kedua, dimulainya penghormatan dalam bentuk bendera.

Ketiga, catatan mengenai penggunaan Sang Merah Putih sebagai perumpamaan Kekuasaan Raja Purnawarman pada abad V yang diyakini memiliki arti melindungi rakyat di bawahnya.

Berdasarkan catatan sejarah bahwa bendera Merah Putih dikibarkan oleh tentara Jayakatwang tahun 1292 saat berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292). Sejarah ini disebut pada tulisan Jawa kuno yang memakai tahun 1216 Caka (1254 Masehi).

Pada buku karangannya Mpu Prapanca, Negara Kertagama juga menceritakan tentang digunakannya warna merah putih pada upacara hari kebesaran raja. Ketika pemerintahan Hayam Wuruk yang bertahta di Kerajaan Majapahit tahun 1350-1389, gambar-gambar yang dilukiskan pada kereta raja-raja yang menghadiri hari kebesaran dengan kereta raja yang dihiasi dengan gambar buah meja yang berwarna merah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image