Flexing Jangan Jadi Qarun Milenial (Bagian 2 - Habis)

Gaya Hidup  

Bukan Flexing hanya ilustrasi. (FOTO : Safira Yasmin)

Flexing juga terkait dengan ekonomi. Dalam penelitian berjudul “Fenomena Flexing di Media Sosial Sebagai Ajang Pengakuan Kelas Sosial Dengan Kajian Teori Fungsionalisme Struktural” (2022) oleh Nur khayati, Dinda Apriliyanti, Victoria Nastacia Sudiana, Aji Setiawan, dan Didi Pramono menyebutkan flexing merupakan strategi pemasaran influencer yang benar-benar penting untuk mendapatkan perhatian pengikut influncer tersebut di media sosial.

Flexing bisa berpengaruh di alam bawah sadar otak manusia dan biasanya orang tersebut meniru penampilan orang lain yang diyakini lebih baik dari diri mereka sendiri. Seseorang terkena imbas flexing kerap takut kehilangan momen jika tidak meniru gaya zaman sekarang yang disebarkan oleh influencer, serta penampilan yang tren yang sedang ditampilkan influencer juga sering ditiru oleh masyarakat.

Anisatul Mardiah dalam “Fenomena Flexing: Pamer di Media Sosial dalam Persfektif Etika Islam” (2022) menyebutkan, semua agama selalu mengajarkan untuk hidup sederhana, tidak bermewah-mewahan, tidak berfoya-foya dan tidak memamerkan harta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kehadiran para crazy rich yang memamerkan kekayaan dan kemewahannya tidak sejalan dengan ajaran agama manapun. Mereka lupa bahwa harta hanya titipan Allah yang sewaktu-waktu dapat diambil kembali. Dalam budaya ketimuran Indonesia, maka fenomena tersebut sungguh memprihatinkan. Para crazy rich seolah-olah tidak memiliki rasa empati sedikitpun terhadap kondisi yang dialami oleh kebanyakan masyarakat.

Dalam Islam perbuatan memamerkan ibadah dapat disebut riya’ sedangkan memamerkan harta dapat dikatakan sombong. Allah tidak menyukai kedua hal itu yang tertulis dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 246.

Menurut Anisatul Mardiah, harta dalam pandangan Islam adalah milik Allah. Allah-lah penguasa mutlak dari harta tersebut. Kemudian harta tersebut dititipkan Allah kepada manusia agar dapat dimiliki, dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. Tidak ada larangan untuk menjadi kaya bahkan menjadi super kaya.

Dampak positif dari harta kekayaan adalah untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Bila tidak memiliki harta kekayaan yang cukup, maka seseorang tidak akan dapat membiayai hidupnya. Harta kekayaan dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban orang lain seperti bersedekah kepada orang yang memerlukan bantuan. Meskipun memiliki harta yang banyak, namun secara etika, tetaplah selalu rendah hati dan membumi, karena harta kekayaan hanyalah titipan bukan untuk dipamerkan.

“Islam sebagai agama yang mengajarkan akhlak yang luhur dan mulia amat melarang umatnya untuk mendekati akhlak tercela, termasuk riya’ di dalamnya. Memamerkan harta termasuk dalam sikap riya’. Disadari atau tidak, sikap riya’ termasuk perbuatan syirik kecil yang dosanya amat besar” tulis Anisatul Mardiah staf pengajar UIN Raden Fatah.

Sementara itu penelitian lain oleh Risky Wijaya. “Media Sosial, Flexing dan Qarun” (2022) menyebutkan bahwa flexing dilakukan untuk mengekspresikan status sosial dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa dirinya adalah orang yang mapan sekaligus mengikuti tren agar diterima di suatu komunitas pergaulan.

Orang yang suka memamerkan harta akan terobsesi untuk terus pamer. Mereka terdorong untuk melakukan hal yang sama supaya masuk ke dalam golongan sosialita. “Seseorang yang sering memamerkan harta akan selalu terobsesi untuk pamer. Qarun digambarkan sebagai orang kaya yang sombong dan diazab oleh Allah,” tulis Risky Wijaya.

Kisah Qarun diabadikan dalam Qur’an surat Al-Qashash. Menurut Risky Wijaya, kini banyak Qarun modern yang memamerkan kekayaan melalui media sosial.

Kisah Qarun sepatutnya menjadi pelajaran. Setiap orang berhak memiliki dan menikmati kekayaan, namun perlu diingat bahwa semua hal yang dimiliki hanyalah titipan dari Allah. Janganlah menjadi Qarun milenial dengan flexing.

Jadilah hamba Allah yang selalu bersyukur atas apa yang diberikan akan mendatangkan rasa damai dan menambah nikmat dari Allah, sedangkan kufur dan kesombongan akan mendatangkan murka dari Allah. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image