WNI Nembak Tiket Shinkansen, Ini Jenis Kereta Cepat di Jepang

Gaya Hidup  
Kereta cepat Shinkansen di stasiun Tokyo. (FOTO : Safira Yasmin)

KAKI BUKIT – Ramai di media sosial (medsos) Instagram dan TikTok tentang delapan orang WNI (warga negara Indonesia) itu yang terpantau kamera pengintai melintasi ticketing gate dengan cara tidak semestinya di sebuah stasiun di Jepang.

Kabar viral itu menyebutkan, satu orang beli tiket resmi sementara, tujuh lainnya menyerobot masuk untuk naik kereta cepat Shinkansen. Harga tiket kereta cepat Shinkansen memang mahal, mereka pikir dengan cara nembak tiket kereta cepat tersebut bisa irit.

Dalam sebuah video lain, terlihat sejumlah orang terduga WNI calon penumpang Shinkansen diperiksa petugas stasiun terkait aksi itu. Belum ada keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo yang menyebutkan apakah delapan orang tersebut WNI atau warga negara lain. Termasuk kabar delapan tersebut dideportasi dari Jepang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Rabu (24/5/2023), “KBRI Tokyo senantiasa mengimbau WNI yang berada di Jepang untuk mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku.”

Meinarti mengingatkan bahwa aparat setempat di Jepang memiliki hak untuk melakukan tindakan dan proses hukum apabila ada warga negara asing yang melakukan pelanggaran hukum.

Shinkansen adalah salah satu kereta cepat dari 10 kereta cepat yang ada di dunia. Belum ke Jepang jika anda belum merasakan melesat seperti peluru berada dalam kereta cepat Jepang bernama Shinkansen.

Di Jepang selain kereta cepat juga ada kereta api lokal, kereta api antarkota, kereta api bawah tanah. Kereta api di Jepang adalah sarana transportasi yang paling banyak digunakan warga Jepang. Kereta api atau kereta cepat menjadi primadona transportasi di negara Matahari Terbit tersebut.

Sejarah kereta di Jepang bermula dengan dibukanya jalur kereta api sepanjang 29 kilometer (18 mil) dengan enam stasiun. Kereta api menggunakan lokomotif uap.

Kemudian Jepang mengembangkan sistem perkeretaan nasional Jepang atau Japan Railways yang menyediakan fasilitas kereta tepat waktu, aman dan cepat di dunia. Kereta super cepat di Jepang bernama “Shinkansen.”

Konstruksi pertama Shinkansen adalah rute Tokyo – Osaka yang mulai dibangun tahun 1959. Kemudian jalur pertama tersebut resmi dibuka pada 4 Oktober 1964 bersamaan dengan berlangsungnya Olimpiade Tokyo. Untuk pertama kalinya Jepang memperkenalkan kepada dunia, kereta cepat dengan sebutan Tokaido Shinkansen.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image