WNI Nembak Tiket Shinkansen, Ini Jenis Kereta Cepat di Jepang

Gaya Hidup  

Menanti kedatangan kereta Shinkansen. (FOTO : Safira Yasmin)

Shinkansen generasi pertama mulai pada jalur pertama kereta cepat yang menghubungkan Tokyo dan Osaka berjarak 515 km dengan kecepatan 210 km/ jam.

Dalam waktu tiga tahun jalur ini mengangkut 100 juta penumpang. Pada tahun 1976 jumlah yang diangkut pada jalur ini mencapai satu miliar penumpang.

Tahun 1972 Jepang kembali mengoperasikan kereta cepat generasi kedua yang menghubungan Shin-Osaka sampai dengan Okayam. Tahun 1975 jalur tersebut diperpanjang sampai dengan Hakata. Pada jalur ini Shinkansen melaju dengan kecepatan 220 km/ jam. Kemudian jalur antara Osaka sampai dengan Fukuoka bisa dilelaui dengan Shinkansen berkecepatan 300 km/ jam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada tahun 1983 Pemerintah Jepang memperluas jaringan Shinkansen meliputi sepanjang pantai Pasifik Honshu menuju wilayah lain di bagian utara Kyushu, laut Jepang dan terus ke utara menuju wilayah Provinsi Iwate.

Pada awalnya teknologi kereta cepat Shinkansen memiliki kecepatan 200 km/ jam, kemudian menjadi 220 km/ jam. Sekarang Shinkansen melintas dengan kecepatan peluru mencapai 300 km/ jam.

Di Jepang ada tiga jenis kereta Shinkansen, yaitu Nozomi, Hikari dan Kodama. Nozomi adalah tipe Shinkansen tercepat dan termahal. Pemegang Japan Rail Pass (JR Pass) tidak bisa menggunakan Shinkansen ini. Semua tempat duduknya telah dipesan. Biasanya wisatawan Indonesia tujuan Jepang sudah membeli JR Pas saat masih berada di Indonesia.

Kereta Shinkansen Hikari adalah kereta tercepat kedua setelah Nozomi. Kemuidian kereta Shinkansen Kodama adalah kereta Shinkansen yang berhenti di banyak tempat.

Menurut penelitian Dina Hariani berjudul “Peranan Kereta Api Bawah Tanah Tokyo Metro Sebaga Sarana Transportasi Wisata Kota Tokyo” (2012) pada tahun 2003. JR Central melaporkan bahwa waktu kedatangan kereta cepat Shinkansen adalah 01 detik sampai 6 detik dari waktu yang dijadwalkan. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image