Hanya di Sumsel, DAS dan Gambut Jadi Mata Pelajaran Muatan Lokal Siswa SD

Eduaksi  

Peluncuran kurikulum muatan lokal DAS dan Gambut untuk Siswa Sekolah Dasar. (FOTO : Istimewa)

Pengembangan kurikulum muatan lokal pendidikan lingkungan tentang Gambut dan DAS telah dilakukan dengan berbagai kegiatan dimulai dari peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan tentang peran dan fungsi ekosistem gambut, identifikasi daya dukung dan sumber daya dalam pengembangan kurikulum, pembentukan tim pengembang kurikulum, penyusunan kurikulum dan kelengkapan perangkat ajar, bimbingan teknis untuk guru kelas pada sekolah uji coba, pelaksanaan uji coba, evaluasi proses uji coba dan bahan ajar, proses penyempurnaan hingga terbentuk kurikulum muatan lokal DAS dan Gambut yang siap digunakan dalam pembelajaran pada Satuan Pendidikan.

Sementara itu, Direktur ICRAF Indonesia Sonya Dewi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumsel, Pemerintah Kabupaten OKI dan Banyuasin, khususnya Dinas Pendidikan dan kebudayaan yang telah lebih dari setahun menjalankan serangkaian kegiatan bersama tenaga pengajar dan pengelola sekolah untuk mewujudkan kurikulum muatan lokal DAS dan Gambut. “Ini sebuah kehormatan bagi ICRAF dapat mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumsel dalam melestarikan ekosistem gambut,” katanya.

Menurut Sonya Dewi, ekosistem gambut Sumsel adalah sumber daya alam (SDA) yang penting bagi penghidupan masyarakat. Namun pengelolaan gambut yang tidak tepat bisa berujung pada bencana dan kerusakan fungsi yang amat merugikan. Salah satu penyebabnya karena minimnya pengetahuan tentang karakteristik dan praktik pengelolaan untuk ekosistem gambut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Untuk itu perlu upaya bersama untuk memperkuat kapasitas para pihak dalam mengelola ekosistem gambut adalah sebuah keharusan. Salah satunya melalui pengenalan tentang gambut sejak dini, diantaranya lewat pendidikan formal,” ujarnya.

Menurut Sonya Dewi seorang senior landscape ecologist, generasi masa depan yang saat ini sedang duduk di bangku sekolah perlu diperkenalkan dengan uniknya ekosistem gambut, beserta manfaat dan pengendaliannya. “ICRAF bersama Forum DAS Sumsel merasa bangga telah menjadi bagian dari proses penyusunan kurikulum muatan lokal DAS dan Gambut,” katanya. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image