Killers of The Flower Moon: Sebuah Ulasan Buku ( Film) (Bagian 2 - Habis)

Literasi  

Sayangnya perubahan fokus cerita dan biaya syuting yang diperkirakan bakal mencapai $200 juta membuat Paramount Pictures berniat mundur mendanai film ini. Scorsese menginginkan nuansa autentik dengan syuting dilakukan di lokasi sebenarnya di Oklahoma dan mengajak warga Osage lokal untuk berpartisipasi selama produksi. Ini mengakibatkan pembengkakan biaya syuting guna mereplikasi setting awal abad ke-20 di Oklahoma. Setelah mencari bantuan pendanaan, akhirnya perusahaan Apple via layanan streaming AppleTV+ sepakat berbagi beban pendanaan dengan Paramount. Paramount akan mendistribusikan film KOFM di bioskop, sementara AppleTV+ akan mendapat hak ekslusif penayangan digital film ini.

Syuting yang direncanakan untuk tahun 2020 kembali ditunda akibat pandemik Covid-19. Setelah mengalami beberapa penundaan barulah pada awal tahun 2021 syuting Killers of Flower Moon dilaksanakan di Oklahoma. Baik kru dan pemain harus menjalani protokol kesehatan ketat guna menjamin proses syuting berjalan lancar.

Rodrigo Prieto ditunjuk sebagai sinematografer film, sedangkan Thelma Schoonmaker yang merupakan kolaborator setia Scorsese kembali ditunjuk sebagai editor film. Warga pribumi Osage ikut terlibat sebagai kru hingga pemeran figuran dalam film. Sejumlah pemimpin Osage juga diajak menjadi penasihat film untuk memperoleh penggambaran budaya Osage yang autentik. Beberapa sumber menyebut bahwa syuting film ini telah mendatangkan dampak positif bagi perekonomian Osage dan Oklahoma.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Film Killers of The Flower Moon direncakan tayang pada bulan Oktober 2023 di bioskop dan selanjutnya ditayangkan ekslusif di layanan streaming AppleTV+. Film berbudget $200 juta ini digadang-gadang sebagai salah satu film terbaik tahun 2023 dan diprediksi bakal memperoleh nominasi dalam ajang penghargaan film semacam piala Oscar. Dalam premiere film di festival film Cannes, Prancis, Killers of Flower Moon mendapat sambutan meriah dari para penonton. Kru dan pemain dibanjiri tepuk tangan antusias selama sembilan menit lamanya. Sebagian besar memuji akting para pemain mulai dari Leonardo DiCaprio, Robert De Niro, hingga Lily Gladstone.

Penonton juga memuji arahan dan penyutradaraan Martin Scorsese yang kini menginjak usia 80 tahun. Semua sepakat bahwa Killers of Flower Moon merupakan salah satu film terbaik yang disutradarai sang sineas legendaris dalam enam dekade karirnya.

Scorsese sendiri dalam wawancara yang sama dengan Deadline merefleksikan umurnya yang sudah semakin uzur. Scorsese dengan lirih mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki cukup banyak waktu tersisa meski masih banyak kisah yang ingin terus disampaikannya. Killers of Flower Moon mungkin bakal menjadi salah satu film terakhir yang dibuatnya. (muhammad rifky)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image