Tahun 2024 Agus Fatoni Ingin Meningkatkan Reformasi Birokrasi di Sumsel

Politik  
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat menyampaikan refleksi akhir tahun 2023. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

KAKI BUKIT – Menutup akhir tahun 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyampaikan “Refleksi Capaian Kinerja Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023”.

Pj Gubernur Agus Fatoni menyampaikan capaian kinerja pembangunan provinsi Sumatera Selatan dihadapan wartawan dan tokoh masyarakat serta akademisi dan para pimpinan organisasi perangkat dinas (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Sejumlah capaian banyak diraih daerah berpenduduk 8,66 juta jiwa/ selama tahun 2023, pencapaian tersebut termasuk pencapaian sejak Oktober – Desember 2023. Khusus capaian pembangunan yang diraih selama tiga bulan terakhir tahun 2023 merupakan capaian pembangunan Sumsel sejak Agus Fatoni dilantik sebagai Pj Gubernur Sumsel oleh Mendagri Tito Karnavian pada 2 Oktober 2023.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada paparannya tentang target dan capaian indikator makro tahun 2023, menurut Fatoni ada 13 sasaran pembangunan di Sumsel. Ada delapan sasaran pembangunannya berada di atas target RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2023. Diantaranya, Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Kualitas Lingkungan Hidup dan Indeks Demokrasi.

Namun pada sasaran Indeks Reformasi Birokrasi yang pada RKPD 2023 dengan target predikat A belum tercapai. Capaian 2023 baru pada predikat B dengan nilai 65.04 (baik). Tidak tercapainya sasaran pada Indeks Reformasi Birokrasi tersebut Pj Agus Fatoni tidak menjelaskan secara rici, namun ia bertekad pada 2024 target tersebut bisa tercapai dengan peningkatan reformasi birokrasi di Sumsel.

Indeks Reformasi Birokrasi menggambarkan sejauh mana perbaikan tata kelola pemerintahan telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah, yang bertujuan pada pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dari KKN, dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

Selama satu tahun ke depan dalam memimpin Sumsel sebagai Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang juga Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengusung tema dan prioritas pembangunan Sumsel yakni “Peningkatan Reformasi Birokrasi dan Ekonomi Kerakyatan”.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image