Pertempuran 5 Hari 5 Malam dan Amnesia Sejarah

Eduaksi  
Buku "Palagan Palembang Pertempuran Lima Hari Lima Malam Wong Kito Galo" terbitan Dinas Sejarah Angkatan Darat. (FOTO: Maspril Aries)

KAKI BUKIT – Kalender tahun 2023 belum lagi berakhir, pada 31 Desember 2023 seorang Doedy Oskandar yang berprofesi sebagai wartawan mengirim flyer undangan terbuka “Peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam Tahun 2024”. Isinya mengundang untuk hadir pada pawai kendaraan dan prosesi peringatan pertempuran 5 hari 5 malam” yang akan berlangsung 1 Januari 2024.

Karena suatu sebab, akibat faktor alam pasca hujan deras mengguyur Palembang yang menyebabkan terjadinya banjir pada beberapa tempat, akhirnya saya urung menghadiri undangan tersebut.

Dari peringatan ini ada yang menarik, ternyata peringatan pertempuran yang sangat heroik terjadi pada 1 – 5 Januari 1947 diprakarsai dan dilaksanakan oleh berbagai komunitas masyarakat, ada seniman, budayawan, wartawan, akademisi dan lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ketua Panitia Vebri Al Lintani, kegiatan peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam (P5H5M) ini dilaksanakan secara gotong royong atau bersama dari berbagai komunitas dan masyarakat. “Ada yang menyumbang makanan, ada yang menyumbang tenaga, ada yang menyumbang uang dan sebagainya sehingga kegiatan pada hari ini bisa terlaksana selama lima hari sejak 1 – 5 Januari 2024,” katanya.

Vebri Al Lintani menjelaskan, peringatan tahun ini yang diprakarsai dan dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat Palembang tanpa melibatkan institusi pemerintahan.

“Kami ingin ke depan kegiatan ini akan dibuat seperti karnaval kendaraan dan lainnya. Kami terinspirasi dengan karnaval bregodo atau Festival Brigadir seperti di Yogyakarta, dengan kreasi barisan-barisan tentara dengan ragam kreativitas baik pakaian dan berbagai berbaris”, ujar Vebri.

Untuk peringatan P5H5M tahun 2024 di Palembang tersebut menurut Vebri, panitia sudah mengundang para pimpinan daerah dan pejabat terkait namun kehadiran mereka diwakili para stafnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image