Agus Fatoni, ada Bandara di Batas Sumsel - Lampung

News  
Bandara Gatot Subroto di Way Kanan, Provinsi Lampung. (FOTO: Dok. Wikipedia)

KAKI BUKIT – Ada sebuah pangkalan udara (Lanud) militer yang letaknya dekat perbatasan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan Provinsi Lampung. Lanud tersebut sudah ada sejak lama, seja masa Orde Baru (Orba). Lanud tersebut bukan milik TNI AU melainkan milik TNI Angakatan Darat. Kini Lanud tersebut telah berkembang menjadi sebuah bandar udara (bandara).

Lanud tersebut bernama Gatot Subroto, adalah lapangan udara militer yang sudah ada sejak tahun 1979. Sejak saat itu sudah banyak pesawat militer datang dan pergi ke Lanud yang berada dalam wilayah administratif Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung.

Kini Lanud militer tersebut telah menjadi bandar udara atau lapangan udara sipil dengan nama Bandar Udara (Bandara) Gatot Subroto. Masyarakat Kabupaten Way Kanan dan beberapa kabupaten lainnya yang saling bertetangga di perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan sudah bisa menikmati konektivitas udara dari Bandara Gatot Subroto ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di Palembang dan Bandara Raden Inten di Lampung, juga ke Jakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Itu berarti bagi masyarakat yang bermukim pada daerah perbatasan Sumsel dan Lampung, konektivitas udara bukanlah sebuah barang mewah. Atau harus jauh ke Palembang dan Bandar Lampung lebih dulu untuk memanfaat konektivitas udara terbang dengan pesawat udara.

Sekitar lima tahun lalu, pada 6 April 2019 di Bandara Gatot Subroto mendarat perdana penerbangan pesawat komersil dari maskapai Citilink Indonesia QG 1090 jenis ATR 72-600 yang terbang dari Jakarta membawa Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa.

Pesawat ini adalah pesawat komersial pertama yang mendarat di Bandara Gatot Subroto sekaligus menandakan Bandara Gatot Subroto bukan hanya Lanud melainkan bandara sipil dan komersial.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image