Banjir Landa Sumsel, Pertamina Pertamina EP Pendopo Field Bantu Korban Banjir Mura

News  
Bupati Mura Ratna Mahmud menerima bantuan untuk korban banjir dari Pertamina EP Pendopo Fiel. (FOTO: Humas SKK Migas)

KAKI BUKIT – Sejak Senin (8/1) banjir melanda beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). Beberapa desa di Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Musi Banyuasin (Muba) terendam air setelah hujan lebat mendera daerah itu. Di Kabupaten Mura, banjir melanda Kecamatan Sukakarya, ada tiga desa yang terdampak banjir. Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura, di Kecamatan Sukakarya terjadi karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Muara.

Desa yang terdampak banjir di Kecamatan Sukakarya, Desa Ciptodadi, Desa Sugihwaras dan Desa Rantau Alih. Ketinggian air banjir dari 70 cm sampai satu meter. Di Desa Ciptodadi ada 33 rumah yang terendam, di Desa Sugihwaras dua rumah terendam dan di Desa Rantau Alih ada lima rumah terendam. Akses jalan ke desa tersebut juga ikut terendam.

Untuk membantu warga yang menjadi korban banjir, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina EP Pendopo Field turun ke desa-desa yang terlanda banjir dengan memberikan bantuan untuk korban terdampak. Bantuan dari perusahaan migas milik negara tersebut diserahkan oleh Senior Operator Musi Barat Gas Plant Eko Susanto bersama Operator Musi Barat Sumaryanto yang diterima diterima Bupati Musi Rawas Ratna Machmud yang didampingi Camat Sukakarya Jhoni Russalek serta Kepala Desa Ciptodadi 1 di Kantor Kecamatan Sukakarya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kami turut berduka dan prihatin atas apa yang dirasakan masyarakat Desa Ciptodadi 1 yang terdampak banjir, oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap bencana yang menimpa masyarakat di wilayah kerja perusahaan sudah sepatutnya kami memberikan bantuan dengan harapan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat”, kata Senior Manager Pertamina EP Pendopo Field I Wayan Sumerta.

Saat menerima bantuan dari Pertamina EP Pendopo Field, Bupati Mura menyampaikan apresiasi kepada SKK Migas dan Pertamina EP Pendopo Field yang telah sigap dan peka terhadap bencana yang menimpa masyarakat yang berada di wilayah operasional perusahaan. “Kami Pemerintah Kabupaten Musi Rawas sangat berterimakasih kepada Pertamina EP Pendopo Field yang telah gerak cepat memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Ciptodadi 1 yang tertimpa musibah banjir, karena kondisi saat ini masyarakat memang sangat membutuhkan bantuan mengingat akibat musibah ini aktivitas masyarakat terhenti sehingga selama banjir mereka tidak mendapatkan penghasilan”, kata Ratna.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera bagian Selatan Anggono Mahendrawan juga menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah bencana banjir yang menimpa masyarakat Mura di Kecamatan Sukakarya seraya mendoakan semoga luapan air sungai cepat surut sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali. KKKS Pertamina EP Pendopo Field adalah KKKS yang salah satu wilayah operasional di Kabupaten Musi Rawas tepatnnya Kecamatan Sukakarya dan Kecamatan Muara Lakitan, dua daerah ini bencana banjir karena daerah tersebut terdapat aliran sungai.

“Pertamina EP Pendopo Field sangat berkomitmen untuk segera tanggap atas bencana alam yang menimpa masyarakat di seluruh wilayah operasional perusahaan sebagaimana komitmen KKKS yang tertera pada Program Kerja dan Anggaran setiap tahun yang juga disetujui SKK Migas,” ujar I Wayan Sumerta. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image