Back Up Data Digital Muba Ada di Data Centre BP Batam

Teknologi  
Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga dan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BP Batam Sylvia Jeannette Malaihollo memperlihatkan naskah kerjasama yang sudah ditandatangani. (FOTO: Dinkominfo Muba)

KAKI BUKIT – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba memilih menyimpan data digitalnya di Data Centre BP (Badan Pengusahaan) Batam sebagai lokasi backup dan replikasi data.

“Hari ini kami Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kembali menjalin kerjasama dengan Data Centre BP Batam. Ini merupakan perjanjian kerja sama keempat kalinya,” kata Herryandi Sinulingga AP Kadin Kominfo Muba, Kamis (11/1).

Dari Batam Sinulingga melalui sambungan seluler menjelaskan, kerja sama ini menyangkut pengamanan terhadap ketersediaan informasi berupa pengamanan data dan aplikasi elektronik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan seperti server crash, bencana alam dan lain-lain yang mengakibatkan rusak dan tidak berfungsinya server utama yang berada di Dinas Kominfo Muba maka data dan aplikasi elektronik tersebut dapat segera dipulihkan. Dalam waktu cepat semuanya bisa berjalan normal dengan memanfaatkan backup data dan aplikasi di Data Centre BP Batam” kata Sinulingga.

Perjanjian kerja sama ditandatangani Kepala Dinas Kominfo Muba dengan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BP Batam Sylvia Jeannette Malaihollo di Gedung IT Centre, Batam Centre mencakup Co location Server yaitu menempatkan server milik Dinas Kominfo Muba di Data Centre BP Batam sebagai lokasi backup dan replikasi data.

“Pengoperasian back up dan replikasi data yang dilakukan telah memenuhi standar internasional ISO 27001:2022. Jadi kerja sama ini guna menjamin keamanan informasi yang ada di server utama,” ujar Kepala Dinas Kominfo Muba.

Menurut Herryandi Sinulingga, ada 23 jenis aplikasi dari 15 perangkat daerah yang tergabung dalam server Dinas Kominfo Muba yang sudah di co location-kan di Data Centre BP Batam. "Saat ini, masih ada 33 aplikasi dari 14 perangkat daerah yang tersebar pada perangkat daerah yang belum di-backu up Dinas Kominfo”.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image