Back Up Data Digital Muba Ada di Data Centre BP Batam

Teknologi  

Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga dan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BP Batam Sylvia Jeannette Malaihollo bersama para staf. (FOTO: Dinkominfo Muba)

Sementara itu menurut Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BP Batam Sylvia Jeannette Malaihollo, kekuatan dan backup data dapat menguatkan sebuah organisasi. “Power full data dapat mempengaruhi suatu organisasi. Kami memberikan layanan mengolah, mem-backup dan menyajikan agar data tersebut dapat dimanfaatkan oleh mitra dalam hal ini Pemkab Muba,” katanya.

Sylvia Jeannette mengaku merasa senang mendapatkan kepercayaan dari Pemkab Muba terkait pengamanan data. “Perlu kami sampaikan kerja sama dengan Data Centre di BP Batam telah terjalin dengan kementerian dan lembaga juga pemerintah provinsi dan kabupaten kota lainnya. Khusus di Sumatera Selatan baru dengan Pemkab Muba dan Pemerintah Provinsi Sumsel yang telah bekerjasama dengan Data Centre BP Batam. Ini semua sebagai bentuk kolaborasi kita bersama untuk memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun negara”, ujarnya.

Pada tahun 2024 menurut Sinulingga, dalam kerja sama dengan Data Centre BP Batam juga memanfaatkan layanan VPS (virtual private server). “Pertimbangannya dari pada kita bangun sendiri tentu lebih mahal baik dari segi penganggaran, jika kita kerjasama dengan Data Centre BP Batam sifatnya menyewa dan itu biayanya lebih efesien namun kualitas layanan keamanan informasi tetap terjaga”, ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Data Centre BP Batam telah menjadi bagian dari Pusat Data Nasional yang direkomendasikan oleh Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS) dan Kementrian Kominfo.

Data centre di Pulau Batam ini merupakan salah satu dari beberapa fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang disediakan BP Batam. Data Centre ini dilengkapi dengan fasilitas terbaik, berupa keterhubungan Back-Bone Network dengan jaringan fiber optic Palapa Ring. Dilengkapi pula dengan jaringan telepon Fixed Line dan VOIP. Selain itu terdapat beragam pilihan jasa collocation, sewa ruangan server, VPS, hosting, dan sebagainya.

Data Centre BP Batam berstandar ISO 27001:2013 (Keamanan Informasi) dan ISO 9001:2015 (Manajemen Mutu) mulai dari tata kelola Data Centre yang sesuai Standar Prosedur dan keamanan informasi data para tenan. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image