Banjir Landa Kabupaten Mura, Muratara, Muba, Pali dan 8 Jembatan Gantung Putus

Lingkungan  
Banjir di Muratara. (FOTO: Dok BPBD Muratara)

KAKI BUKIT – Hujan deras yang turun pada beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) pada 10 dan 11 Januari 2024 telah mengakibatkan banjir terjadi di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Hujan yang turun dengan intensitas tinggi telah menyebabkan beberapa sungai besar di daerah ini airnya meluap diantaranya Sungai Rawas dan Sungai Rupit di Mura dan Muratara serta Sungai Musi di Muba. Banjir tersebut merendam rumah warga, sekolah, jalan dan fasilitas umum diantaranya masjid dan puskemas, juga memutuskan jembatan gantung.

Banjir di Muratara menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terjadi di Kecamatan Ulu Rawas, Kecamatan Rawas Ulu, Karang Jaya, Rupit, Karang Dapo dan Rawas Ilir

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banjir terjadi Rabu, 10 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB di Kecamatan Rupit. Ulu Rawas, Rawas Ulu akibat curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi yang menguyur sebagian wilayah Kabupaten Muratara yang menyebabkan debit air sungai Rawas naik, sehingga terjadinya luapan air di bagian hulu sungai yang berdampak banjir susulan di Kecamatan Rupit, Karang Dapo, dan Rawas Ilir.

Akibat banjir tersebut, BPPD mendata ada sekitar 20.000 rumah warga dan fasilitas umum terendam. Kemudian, ada delapan jembatan gantung terputus, yaitu jembatan gantung Desa Batu Gajah, jembatan gantung Desa Sosokan, jembatan gantung Desa Muara Kuis, jembatan gantung Dusun Kemang Desa Muara Kuis, jembatan gantung Dusun Desa Muara Kuis, jembatan gantung Pulau Kidak, jembatan gantung Kelurahan Muara Kulam dan jembatan gantung Desa Karang Anyar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image