Gol A Gong Safari Literasi ke 33 Kota di Jawa – Bali – NTB – NTT

Eduaksi  
Duta Baca Indonesia Gol A Gong dengan Si Biru Siap Bersafari Literasai (Foto : IG @golagong)

KAKI BUKIT -- Duta Baca Indonesia Gol A Gong siap berkeliling ke 33 kota dalam lima provinsi selama tiga bulan. Penulis novel “Gong Smash” tersebut sejak 18 Januari – 2 April 2022 akan akan “Safari Literasi” ke lima provinsi di Indonesia.

Kota-kota yang akan dikunjungi penulis Gol A Gong tersebar di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk mendukung kegiatan Safari Literasi yang mengusung kampanye budaya membaca dan menulis tersebut, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mempersiapkan sebuah mobil mini bus berwarna biru bertuliskan “Safari Literasi 2022 Duta Baca Indonesia.”

Mobil operasional Safari Literasi tersebut, Rabu, 12 Januari 2022 diserahkan langsung Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando kepada Gol A Gong di halaman parkir Perpusnas RI Jalan Salemba Raya, Jakarta dengan disaksikan Sekretaris Utama, Deputi 2, dan Kepala Pusat Analisis, dan beberapa staf Perpusnas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut pendiri dan pemilik Rumah Dunia di Serang, sebagai Duta Baca Indonesia dirinya merasa ikut bertanggung jawab untuk terus mengampanyekan budaya membaca di Indonesia. “Safari kali ini mengusung tema ‘Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat.’ Jadi dalam kunjungan ke berbagai kota tersebut Duta Baca Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan utama pelatihan menulis bagi anak muda,” katanya.

Pemilik nama asli Heri Hendrayana Harris berharap dari safari listerasi ini akan bermunculan penulis-penulis baru dari daerah yang kemudian melahirkan ide dan gagasannya melalui tulisan yang diterbitkan secara indie

Oleh penerbit rumahan atau penerbit mayor label atau penerbit besar sehingga bisa memenuhi kebutuhan buku di daerahnya.

Mengutip data badan PBB UNESCO menurut Gol A Gong. “Jumlah ideal buku adalah satu pemustaka mengakses tiga buku setiap tahunnya. Di Indonesia menurut data Perpustakaan Nasional, satu buku dikeroyok oleh 90 orang,” ujarnya.

Selain pelatihan menulis pada Safari Literasi 2022 akan ada pertunjukan seni yang melibatkan seniman setempat, diskusi dan seminar literasi terkait penerbitan buku, cara mengelola komunitas literasi, dokumentasi era digital, dan lain-lain.

“Tim Safari Literasi Duta Baca Indonesia juga akan melakukan kunjungan ke perpustakaan dan taman bacaan di tiap kota, dan menjumpai serta mewawancarai tokoh-tokoh literasi setempat,” kata Gol A Gong yang akan datang bersama Rudi Rustiadi (Asisten Duta Baca Indonesia, cerpenis, videografer), Taufik Hidayatullah (Jang RuDun, Maskot Rumah Dunia, penulis), dan Daniel Mahendra (Direktur Penerbit Epigraf, penulis).

“Pada Safari Literasi ini juga kami membawa serta buku-buku hibah dari berbagai penulis dan pegiat literasi, untuk dibagikan kembali ke kota-kota yang disambangi,” ujar penulis buku terbaru “Gong Smash” yang akan dijual di kota yang disinggahi.

Gol A Gong juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung Safari Literasi Duta Baca Indonesia. Pesannya, “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat. Apa pun yang kamu baca, apa pun yang kamu tulis.”

Salam Kaki Bukit Literasi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image