Rp511 Juta dari Badan Dakwah Islam Pertamina untuk Gedung Madrasah Desa Jirak

News  
Madrasah Diniyah Takmiliah Darussalam Desa Jirak tengah direhabilitasi Badan Dakwah Islam Pertamina. (FOTO : Dinas Kominfo Pemkab Muba)

KAKI BUKIT, Muba – Sebelum memasuki bulan Ramadhan 1443 H sebanyak 200 siswa Madrasah Diniyah Takmiliah Darussalam di Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akan menempati gedung bangunan baru.

Ruang kelas yang memprihatinkan dengan kondisinya hampir roboh mendapat perhatian dari Badan Dakwah Islam Pertamina Field Pendopo, Sumatera Selatan (Sumsel)

Adalah Camat Jirak Yudi Suhendra yang merasa prihatin dengan kondisi bangunan dengan atap dan dinding yang sudah rapuh tergerak hatinya dan berniat untuk memperbaiki bangunan yang digunakan santri dan siswa dari kelas 1 sampai 3 dari Madrasah Diniyah Takmiliah Darussalam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beruntung dalam sebuah majelis amal Camat Yudi Suhendra bertemu pengurus lembaga dakwah Badan Dakwah Islam Pertamina Field Pendopo. Lembaga ini kerap memberikan bantuan sembako kepada warga Jirak Jaya.

Camat Jirak Kabupaten Muba Yudi Suhendra

“Dalam pertemuan itu saya usulkan untuk beramal fi sabilillah di ranah pendidikan. Saya mengajak menegakkan syiar Islam lewat pencerdasan generasi muda ini yang sejalan dengan misi Badan Dakwah Islan Pertamina Field Pendopo. Saya ajak mereka merenovasi ruang kelas Madrasah Diniyah Takmiliah Darussalam,” kata Yudi Suhendra.

Menurut Senior Manajer PT Pertamina Field Pendopo I Wayan Sumerta, Pertamina tergerak dengan jalan dakwah yang ditawarkan Camat Jirak Yudi Suhendra. “Tidak butuh waktu lama ide ini disampaikan ke Dewan Pengurus Badan Dakwah Islam Pertamina dan tak disangka, pada Jumat siang rehab berat gedung Madrasah Diniyah dieksekusi,” ujarnya.

“Pembangunan sudah dimulai sejak Jumat 11 Februari dengan dana Rp511 juta dari zakat para pegawai Pertamina. Pembangunan akan dilaksanakan dua tahap pengerjaan. Tahap pertama rehabilitasi berat lima dari 10 lokal yang ada segera rampung sebelum masuk bulan puasa. Rehabilitasi ini juga membenahi rumah tahfidz yang juga mulai reyot,” kata I Wayan Sumerta didampingi Ketua BDI Pertamina Field Pendopo Moch. Nur Samudin.

Wayan Sumerta berharap dengan selesainya rehabilitasi bangunan dapat membuat siswa belajar dengan nyaman dan madrasah juga bisa berperan aktif dan maksimal dalam mencetak generasi yang tak hanya berilmu pengetahuan, namun juga berakhlakul karimah.

“Pemerintah Kecamatan Jirak mengucapkan terima kasih atas keihklasan karyawan Pertamina menyalurkan zakatnya untuk pembangunan madrasah ini” kata Camat Yudi Suhendra. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Pj Bupati Muba Minta TNI Tertibkan Illegal Drilling

Image

Illegal Drilling Kejahatan yang Merampok Multiplier Effect

Image

Dana Bagi Hasil Migas Sumsel 2022 Rp2,028 Triliun Muba Dapat Terbesar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image