36 Warga Operasi Katarak Gratis di Rumah Sakit Bukit Asam Medika

News  
Penanganan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Bukit Asam Medika PTBA Tbk. (FOTO : Humas PTBA)

KAKI BUKIT, Tanjung Enim – Masih dalam rangkaian memperingati HUT ke-41 PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, BUMN tambang tersebut melaksanakan berbagai kegiatan sosial ke tengah masyarakat. Diantaranya melaksanakan operasi katarak gratis untuk warga di ring operasional perusahaan.

Operasi katarak yang berlangsung di Rumah Sakit Bukit Asam Medika (RSBAM) Tanjung Enim tersebut dibuka General Manager Pertambangan Tanjung Enim (PTE) PTBA Venpri Sagara.

“Operasi katarak oleh tenaga media dai RSBAM dilakukan kepada 36 orang warga. Pada awal screening pertama sebanyak 150 orang, screening kedua 48 orang. Akhirnya sebanyak 36 orang yang menjalani operasi,” katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Venpri Sagara, mata merupakan hal yang sensitif. “Apabila kegiatan operasi ini sudah lewat, tetap bisa dijalankan karena masih ada program Corporate Social Responsibility yang membantu di bidang kesehatan. Jadi kalau memang ada warga yang katarak segera langsung dibantu saja. Apalagi kalau itu pensiunan atau masyarakat di sekitar wilayah ring satu perusahaan,” pesannya.

General Manager PTE mengatakan, “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kehadiran PT Bukit Asam Tbk kepada masyarakat wilayah ring satu perusahaan dan cakupan wilayah semakin meluas. Venpri mengharapkan ke depan peralatan yang ada di RSBAM agar lebih baik lagi supaya setelah nantinya operasi katarak tidak perlu ditutup lagi matanya, jadi setelah operasi langsung sehat kembali.

Sementara itu Dokter Alfurqon dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Kabupaten Muara Enim menjelaskan bahwa tingkat jumlah kebutaan di Indonesia ada 8 juta penduduk dan 80 persen disebabkan oleh katarak.

Seorang calon pasien menjalani pemeriksaan sebelum menjalani operasi katarak. (FOTO : Humas PTBA)

“Kami sebagai perwakilan dari dokter ahli mata se-Sumatera Selatan sangat senang dan berbahagia serta sangat memperhatikan masalah buta katarak ini. Kepada PTBA kami ucapkan dengan harapan acara baik ini bisa kita lanjutkan setiap tahunnya,” kata dokter yang juga Direktur RSUD Dr HM Rabain Muara Enim

Dua pasien operasi katarak Hasanuri (72) warga Desa Tanjung Raja dan Masna (62) warga Desa Kepur keduanya dari Kecamatan Muara Enim mengaku merasa terbantu sekali dengan adanya operasi katarak gratis dari PTBA. “Kalau mau operasi biaya sendiri mahal. Kami tidak punya uang untuk operasi,” kata Hasanuri.

Sekretaris Kecamatan Lawang Kidul Safar Evandi mengapresiasi dan berterima kasih kepada PTBA karena karena telah kut membantu warganya yang menderita katarak melalui opeasi gratis. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Ayo Daftar Kuliah di AKIPBA dengan Beasiswa Penuh 100 Persen

Image

Museum Batu Bara Cuma Ada di Indonesia

Image

Dua BUMN dari Sumsel Satu Tahun Raup Cuan Besar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image