Usia 41 Tahun Bukit Asam Bertransformasi Menjadi Perusahaan Energi

Bisnis  
Perayaan HUT 41 Tahun PTBA dari berbagai kantor unit. (FOTO : Humas PTBA)

KAKI BUKIT, Tanjung Enim – Rabu, 2 Maret 2020 BUMN PT Bukit Asam (PTBA) Tbk tepat berusia 41 tahun. Pada perayaan HUT PTBA yang yang berlangsung secara hibrid tersebut, BUMN tambang batu bara tersebut menegaskan komitmennya dalam jalankan transformasi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail dalam sambutannya menyatakan, transformasi ini bertujuan mendukung target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060, meningkatkan kontribusi perusahaan dalam ketahanan energi nasional, dan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDG’s).

“Transformasi dilakukan secara holistik, mulai dari bisnis, digital, cara pikir, hingga budaya perusahaan untuk memaksimalkan peran dan kontribusi perusahaan. Menurutnya, transformasi menjadi pondasi yang fundamental dalam menghadapi perkembangan teknologi, dinamika geopolitik, dinamika pasar, dan berbagai isu berpengaruh lainnya,” kata Arsal Ismail.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurutnya, transformasi sangatlah challenging. “Perlu effort dan perjuangan untuk menjadi lebih baik dan memberikan kehidupan yang lebih baik juga bagi sesama,” ujarnya.

Upaya transformasi tersebut tercermin dalam perayaan HUT ke-41 yang mengusung tema “Bukit Asam untuk Kehidupan Lebih Baik”. Beragam kegiatan digelar untuk memeriahkan rangkaian ulang tahun sejak pertengahan Januari 2022.

Semua kegiatan menjadi bukti komitmen perusahaan terhadap masyarakat di sekitar perusahaan dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, diantaranya kegiatan bantuan dan sosial kemasyarakatan digelar.

Ada pembagina sebanyak 18.410 paket sembako disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera di masing-masing unit perusahaan. Di Unit Pertambangan Tanjung Enim sebanyak 9.000 paket, Pelabuhan Tarahan 4.100 paket, Dermaga Kertapati 3.810 paket, Pertambangan Ombilin 1.000 paket, dan Kantor Perwakilan Jakarta 500 paket.

Juga ada program bedah rumah juga dilaksanakan sebagai upaya menciptakan hunian yang layak, aman, dan tangguh. Sebanyak 25 unit rumah akan mendapatkan perbaikan dengan anggaran biaya sebesar Rp1,23 miliar. Kemudian pada bidang kesehatan, diselenggarakan kegiatan operasi katarak dan bantuan kaki palsu. Operasi katarak diikuti oleh 33 penerima manfaat yang berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan Lahat yaitu Kecamatan Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muara Enim, Merapi Barat, dan Merapi Timur. Operasi dilaksanakan di RS Bukit Asam Medika, bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sumatera Selatan.

Sementara bantuan kaki palsu disalurkan kepada 13 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim. Program ini dilakukan dalam dua tahap yakni pengukuran pada 8 Februari 2022 lalu di RS Bukit Asam Medika serta penyerahan dan pemasangan bantuan kaki palsu yang dilaksanakan 1 Maret 2022 di rumah masing-masing penerima manfaat.

Pada puncak acara HUT Bukit Asam menyalurkan bantuan pendidikan AYO SEKOLAH kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang berasal dari keluarga pra sejahtera di wilayah sekitar perusahaan. Penerima manfaat dari program ini mencapai 3688 siswa yang terdiri dari 1747 siswa SD, 986 siswa SMP, dan 955 siswa SMA. Program AYO SEKOLAH mengucurkan dana senilai Rp5,29 miliar.

Arsal Ismail juga menjelaskan, pada HUT ke-41 Bukit Asam meraih capaian positif pada operasional dan keuangan perusahaan berhasil mencatatkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2021. Hingga akhir November 2021, Bukit Asam membukukan pendapatan usaha sebesar Rp26,2 triliun dengan laba bersih sebesar Rp7,0 triliun. Laba bersih ini sekaligus menjadi capaian laba bersih tertinggi sepanjang sejarah perseroan beroperasi. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Ayo Daftar Kuliah di AKIPBA dengan Beasiswa Penuh 100 Persen

Image

Museum Batu Bara Cuma Ada di Indonesia

Image

Dua BUMN dari Sumsel Satu Tahun Raup Cuan Besar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image