Mantan Manajer Timnas U-19 Jabat Direktur Utama PT Semen Baturaja

Bisnis  
Direksi dan Dewan Komisaris PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk pada RUPS Tahunan 2022. (FOTO : Website semenbaturaja.co.id)

KAKI BUKIT, Palembang – PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk mengelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan, Jumat (25/3). Dalam RUPS tersebut salah satu agenda adalah mengubah kepengurusan BUMN semen yang berpusat di Palembang.

Pemerintah melalui Menteri BUMN sebagai pemegang saham PT Semen Baturaja merombak kepengurusan direksi dan komisaris. RUPS yang dipimpin Komisaris Utama SMBR Tbk Franciscus M.A. Sibarani merombak kepengurusan direksi dengan mengganti tiga orang anggota direksi.

Jobi Triananda Hasjim yang sebelumnya menjabat Direktur Utama digantikan oleh Daconi. Daconi yang sebelumnya menjabat Direktur Produksi & Pengembangan digantikan oleh Suherman Yahya yang sebelumnya menjabat VP Research & Engineering. M Jamil yang menjabat Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko digantikan Tubagus Muhammad Dharury dan Amrullah Direktur Umum & SDM digantikan oleh Gatot Mardiana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu RUPS juga memberhentikan Endang Tirtana sebagai Komisaris Independen dan mengangkat kembali Oke Nurwan sebagai Komisaris. Komisaris Utama PT Semen Baturaja tetap dijabat Franciscus M.A. Sibarani dengan dua komisaris independen Darusman Mawardi dan Chowadja Sanova.

Sementara itu susunan kepengurusan direksi SMBR Tbk saat ini adalah Direktur Utama Daconi, Direktur Produksi & Pengembangan Suherman Yahya, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Tubagus Muhammad Dharury, Direktur Umum & SDM Gatot Mardiana dan Direktur Pemasaran tetap dijabat Mukhamad Saifudin.

Direksi PT Semen Baturaja (SMBR) yang baru.

Direktur Utama Daconi yang sebelumnya Direktur Produksi & Pengembangan adalah orang yang lama berkecimpung di industri semen. Daconi lahir di Tanjung Karang, 14 Juni 1971 memulai karirnya sebagai Kepala Bidang Cement Mill II/III pada PT Semen Padang tahun 1998-1999. Daconi yang dikenal dekat dengan wartawan di Padang, Sumatera Barat juga pernah menjabat Kepala Biro Humas pada perusahaan semen tertua di Indonesia tersebut.

Sebelum mendapat promosi menjadi direksi di PT Semen Baturaja, pria lulusan UGM dan S2 Universitas Andalas ini juga sangat aktif sebagai pembina sepak bola. Daconi pernah menjadi Direktur Utama atau Presiden PT Kabau Sirah perusahaan pemilik klub sepak bola PS Semen Padang yang pernah berlaga di Liga 1 Indonesia.

Pada 2018 Daconi sempat menjabat Manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang ditangani pelatih Indra Sjafri. Waktu itu Timnas U-19 sempat lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19 setelah menang 1-0 atas Uni Emirat Arab di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam RUPS SMBR sebagai salah BUMN di Sumatera Selatan (Sumsel) yang bergerak di industri semen, mencatatkan kinerja positif pada tahun 2021 dengan mengantongi laba bersih Perseroan sebesar Rp 51,8 miliar. Laba bersih tahun 2021 ditetapkan sebagai cadangan lainnya yang digunakan untuk investasi perusahaan sesuai dengan pertimbangan kondisi perekonomian Indonesia, kebutuhan dana untuk investasi pengembangan dan untuk menjaga likuiditas Perseroan dalam kondisi baik.

Pada laporan yang disampaikan Direktur Keuangan & Manajemen Risiko M. Jamil, perseroan berhasil melalui situasi sulit di masa pandemi Covid-19 dengan membukukan volume penjualan sebesar 1,9 juta ton atau meningkat 1 persen dari tahun 2020. Perseroan juga mampu mempertahankan pangsa pasar di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni 31 persen. Selain itu peningkatan pangsa pasar terjadi di wilayah Lampung yang mencapai 29 persen atau naik 1 persen (yoy).

Dari sisi kinerja keuangan, perseroan mampu memaksimalkan penjualan dengan capaian 1,8 triliun atau meningkat 2 persem dari realisasi tahun 2020. Sehingga kinerja laba bersih Perseroan tumbuh 372% menjadi Rp 51,8 miliar tahun 2021. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Kabau Sirah Merantau ke Pulau Jawa

Image

Dua Mantan Semen Padang FC Pulang Kampung

Image

Semen Padang Rekrut Agus Nova jadi Pemain ke-18

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image