Daconi dari PT Semen Baturaja Berlabuh ke PT Pupuk Sriwidjaja

Bisnis  
Direktur Utama PT Pusri Daconi (tengah) bersama karyawan PT Pusri. (FOTO : Humas Pusri)

KAKI BUKIT – Jabatan Direktur Utama (Dirut) PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) yang kosong sejak 2 November 2023 yang ditinggalkan Tri Wahyudi Saleh setelah mendapat promosi menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia, akhirnya terjawab.

Jabatan yang ditinggal Tri Wahyudi Saleh yang menjabat Dirut PT Pusri sejak 27Agustus 2020 akan diisi sosok profesional yang berasal dari industri semen. Direktur Utama PT Pusri yang baru tersebut adalah Daconi Khotob yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk.

Daconi yang telah berkarir lama di industri semen, dimulai dari PT Semen Padang, telah mundur dari jabatan Direktur SMBR Tbk pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung 8 November 2023 di Jakarta. Daconi diganti oleh Suherman Yahya yang sebelumnya Direktur SMBR Tbk dengan fungsi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Masuknya sosok dari industri semen ke Pusri mengingatkan banyak sumber daya manusia khususnya dari PT Semen Padang yang kemudian berkiprah di BUMN lain di luar industri semen. Sebut saja diantaranya ada Dwi Soetjipto yang sekarang menjabat Kepala SKK Migas sebelumnya pernah menjadi Direktur Utama di Semen Padang kemudian ke PT Semen Gresik (PT Semen Indonesia) dan Direktur Utama Pertamina.

Juga ada tiga serangkai dari industri semen yang berasal dari PT Semen Padang masuk ke industri tambang menjadi direksi di PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, yaitu Ismet Harmaini (almarhum) menjabat Direktur Utama PTBA, Sukrisno menjabat Direktur Produksi kemudian menjadi Direktur Utama PTBA menggantikan Ismet Harmaini dan pernah menjadi Direktur Utama PT Timah Tbk, dan Aziz Nazori sebagai Direktur Keuangan PTBA Tbk.

Generasi di bawah itu kini ada Daconi Khotob dari Direktur Utama PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk masuk ke industri pupuk menjabat sebagai Direktur Utama PT Pusri menggantikan Tri Wahyudi Saleh. Daconi bukan yang pertama masuk ke industri pupuk dan menjabat direksi. Jauh sebelumnya ada Joni Marsini dari PT Semen Padang yang “hijrah” mendapat tugas menjadi Direktur Utama PT Pusri.

“Terhitung sejak Senin, 13 November 2023 saya menjabat sebagai Direktur Utama Pusri. Hari ini juga usai acara di kantor PT Pupuk Indonesia di Jakarta harus terbang ke Palembang untuk mendampingi Menteri Pertanian yang berkunjung ke Sumatera Selatan,” kata Daconi.

Perjalanan karir seorang Daconi yang kelahiran Tanjung Karang, 14 Juni 1971, setelah lulusan dari Teknik Kimia Universitas Gajah Mada (UGM) mulai meniti karir di PT Semen Padang. Di pabrik semen tertua di Indonesia tersebut Daconi sempat memegang beberapa jabatan. Tahun 2006 – 2009 menjabat Kepala Biro Produksi.

Kemudian bergeser menjabat Kepala Biro Humas (2009 – 2012). Sebagai Kepala Biro Humas, Daconi dikenal dekat dengan banyak wartawan di Padang termasuk wartawan dari media nasional. Salah satu wartawan yang dekat adalah Khairul Jasmi wartawan Republika yang kini menjabat Pemimpin Redaksi Harian Singgalang dan Komisaris PT Semen Padang.

Dari Kepala Biro Humas, Daconi menjabat GM Produksi PT Semen Padang, kemudian Daconi tugasnya merambah ke olahraga sepak bola dengan mendapat tugas menjadi Direktur Utama PT Kabau Sirah SP perusahaan yang mengelola klub sepak bola profesional Semen Padang FC (2014 – 2017). Saat itu klub berjuluk “Kabau Sirah” berlaga di Liga Super Indonesia (LSI). Daconi juga pernah menjadi Manajer Tim Nasional Indonesia U-19 yang diasuh pelatih Indra Sjafri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image