Pesan Mantan Ketua DPRD Babel Kepada Penjabat Gubernur Babel “Amit-amit Jangan Sampai Pecah Telur”

Politik  
Emron Pangkapi Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2001-200, (FOTO : FB Emron Pangkapi)

KAKI BUKIT, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kamis (12/5) resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Ridwan Djamaluddin yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) dilantik menggantikan Gubernur Erzaldi Rosman yang berakhir masa jabatannya bersama Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Ridwan Djamaluddin yang lahir di Bangka 24 Maret 1963 akan menjabat sebagai gubernur kelima Provinsi Babel setelah Hudarni Rani (almarhum), Eko Maulana Ali (Almarhum), Rustam Effendy dan Erzaldi Rosman.

Seorang tokoh masyarakat yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2001-2004 Emron Pangkapi menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Ridwan Djamaluddin sebagai Penjabat Gubernur Bangka Belitung. “Dia salah satu putra terbaik dari Negeri Serumpun Sebalai,” katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Emron Pangkapi yang pernah menjadi Wakil Ketua Umum PPP (2010-2015) berharap agar Penjabat Gubernur Ridwan Djamaluddin mampu mengawal Babel mempertahankan prestasi sebagai satu-satunya provinsi di pulau Sumatera yang tidak tersentuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Prestasi teragung empat gubernur sebelumnya adalah mereka telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik, bebas dari korupsi setidaknya ditandai dengan belum ada OTT KPK di Negeri Serumpun Sebalai. Amit amit jangan sampai pecah telur,” pesan tokoh yang pernah menjadi Ketua Tim Percepatan Pembentukan Provinsi (1999-2000).

Selain itu Emron yang juga pernah menjadi wartawan di sebuah media massa nasional mengharapkan Ridwan Djamaluddin dapat melakukan kombinasi antara keinginan pemerintah pusat dengan visi misi unggulan Erzaldi Rosman - Abdul Fatah waktu kampanye Pilkada lima tahun lalu,

Menurutnya, visi misi “Babel Sejahtera dan Maju” dengan 6 program unggulan yang ditawarkan pada 2017 sudah disetujui mayoritas rakyat Kepulauan Bangka Belitung. “Tapi, sayangnya, pelaksanaanya belum memuaskan. Waktu lima tahun berjalan begitu cepat, banyak program hanya sampai pada tingkat MoU. Salah satu penyebabnya Erzaldi - Fatah mengalami masa sulit, terutama dalam dua tahun terakhir yang praktis tidak dapat maksimal menjalan program karena kendala musibah Covid-19,” ujarnya.

Ridwan Djamaluddin Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (FOTO : maritim.go.id)

Kepada Ridwan Djamaluddin, Emron mengingatkan tentang beberapa proyek strategis yang perlu dilanjutkan, jembatan Bahtera yang menghubungan Provinsi Bangka Belitung dengan Provinsi Sumatera Selatan, menjadikan Bangka Belitung sebagai pusat perikanan Indonesia dan menjadikan Bangka Belitung sebagai kawasan wisata nomor satu Indonesia di bagian Barat.

“Demikian pula dengan penantaan ekonomi rakyat, bidang pertanian dengan diversifikasi usaha, dan UMKM naik kelas. Dengan pengalaman Ridwan Djamaluddin sebagai Dirjen Minerba maka penataan pertambangan harus lebih baik agar melahirkan keseimbangan antara kesejahteraan rakyat dan menyelematkan lingkungan bagi masa depan anak cucu,” pesan Emron.

Emron mengharapkan Penjabat Gubernur Babel mampu mengendalikan “kesemerawutan” pertambangan timah, perambahan hutan lindung, penghancuran DAS dan ancaman tambang pada tapak wisata.

“Harapan saya, penjabat gubernur menelusuri program pembangunan Gubernur Hudarni Rani, Eko Maulana Ali, Rustam Effendy dan Erzaldi Rosman dengan pendekatan konsep pembangunan berkesinambungan. Yang baik semestinya dilanjutkan.. Saya juga sangat senang Jika Ridwan Djamaluddin mau mempelajari sejarah perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai sumber inspirasi dan motivasi dalam setiap mengambil keputusan agar selaras dengan cita-cita perjuangan terbentuknya provinsi ini yang diperjuangkan dengan keringat dan air mata untuk sebuah cita. Bukan sebagaimana provinsi lain yang dipersiapkan pemerintah,” katanya. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Putra Bangka Ridwan Djamaluddin Jadi Penjabat Gubernur Bangka Belitung

Image

Begal Fenomena yang Tak Kunjung Selesai

Image

Dua Tahun “Gencatan Senjata” Perang Ketupat Kembali

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image