Mendagri Tetapkan Sekda Apriyadi Jadi Pj Bupati Muba

News  
Apriyadi Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) (FOTO : Dinas Kominfo Muba)

KAKI BUKIT, Palembang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menetapkan Penjabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggantikan Beni Hernedi pelaksana tugas (Plt) Bupati Muba yang berakhir masa jabatannya 22 Mei 2022.

Mendagri telah menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Muba Apriyadi menjadi Penjabat Bupati Muba, Sumatera Selatan (Sumsel). Apryadi yang dihubungi, Sabtu (21/5), membenarkan keputusan Mendagri tersebut.

“Tadi saya sudah dihubungi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk persiapan menerima surat keputusan Mendagri sebagai Penjabat Bupati Muba pada Ahad 22 Mei 2022 di Palembang sekaligus bersama istri untuk menjadi Ketua TP PKK Muba,” katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelumnya sejak awal Mei 2022 telah beredar kabar tentang usulan calon Penjabat Bupati Muba menggantikan Beni Hernedi. Kepada wartawan Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan sudah mengusulkan tiga nama pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mengisi jabatan Kepala Daerah Kabupaten Muba tersebut. Dari tiga nama yang banyak ditulis media massa tidak terdapat nama Sekda Muba Apriyadi.

Apriyadi yang ditemui Sabtu, 14 Mei 2022 di Palembang saat menghadiri Halal Bilhalal Kantor Hukum Idham Khalid & Nurmalah, menjawab pertanyaan tentang peluangnya menjadi Penjabat Bupati Muba, “Mohon doanya, Insya Allah menjadi Penjabat Bupati Muba.”

Tentang persiapan pelantikan menurut Apriyadi, tidak ada persiapan khusus dan mengaku tidak sempat menjahit pakaian baru uniform kepala daerah berwarna putih-putih. “Besok akan pakai baju seragam yang lama saat dilantik menjadi penjabat Bupati Pali tahun 2015,” ujarnya seraya tertawa.

Apriyadi saat kunjungan kerja ke daerah berswafoto dengan warga.

Dalam perjalanan karirnya sebagi aparatur sipil negara (ASN), Apriyadi adalah seorang birokrat senior di Sumsel yang pernah memegang sejumlah jabatan di Pemerintah Kabupaten Muba dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Apriyadi yang menjalani karirnya dari bawah dengan menjadi sebagai Kepala Desa (Kades) Pematang Palas Banyuasin I (1992) lalu terus meningkat. Kandidat doktor dari Program Administrasi Publik Universitas Sriwijaya (Unsri) tersebut di Pemprov Sumsel masa Gubernur Alex Noerdin, sempat menjabat Kepala Dinas Sosial.

Lalu menjadi Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada 2015—2016. Usai menjabat kepala daerah, pria kelahiran Desa Bumiayu Lawang Wetan 6 November 1967 kembali ke Kabupaten Muba menjabat sebagai staf ahli bidang keuangan Pemkab Muba, lalu menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muba dan sejak 2017 menempati jabatan definitif sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Muba.

Di Kabupaten Muba, Apriyadi yang hobi olahraga bulutangkis sempat menjadi Ketua PBSI Sumsel, menjadi ASN dengan sejumlah jabatan. Pernah menjadi Kepala Bappeda, Kepala Bagian Perekonomian. Jabatan lain yang pernah disandangnya, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Banyuasin I, Kepala Sub Bagian Produksi Daerah PemKab Muba dan Kepala Dinas Pendidikan lalu Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemkab Muba sebelum hijrah ke Pemrov Sumsel. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Broken Chair di Halaman Masjid Raya Abdul Kadim

Image

Berapa Jumlah Pasal dalam Kode Etik Jurnalistik?

Image

Illegal Drilling Terus Terjadi, Polda Sumsel Siapkan Operasi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image