Kabupaten Muba Jadi Obyek Penelitian Universitas Toyo

Eduaksi  
Peneliti dari Universitas Toyo, Dr Hasegawa Takuya (kanan) diterima Sekretaris Dinas Kesehatan Muba. (FOTO: Dinkominfo Muba)

KAKI BUKIT – Program berobat gratis di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang digagas Bupati Muba saat dijabat Alex Noerdin sejak tahun 2002 mendapat perhatian seorang peneliti dari Universitas Toyo yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Peneliti dari Universitas Toyo, Dr Hasegawa Takuya yang telah tiba di Sekayu ibu kota Kabupaten Muba untuk persiapan melakukan penelitian di Indonesia. Lokasi penelitian dari peneliti pada Institut Penelitian Kebudayaan Asia Universitas Toyo tersebut berada di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel).

Kedatangan Hasegawa Takuya di Sekyau, ibu kota Kabupaten Muba diterima Kepala Dinas Kesehatan Muba yang diwakili Jonadi Sekretaris Dinas Kesehatan Muba.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hasegawa menjelaskan, ia tengah mempersiapkan tentang kebijakan jaminan kesehatan yang sebagian dibiayai dengan APBD kabupaten/kota. “Saya ingin saya mengetahu tentang kebijakan dan fasilitasi masyarakat berobat dengan tunjuk KTP saja. Kemudian kebijakan meluaskan cakupan Universal Health Coverage atau UHC”, katanya Sabtu (13/1).

Hasegawa Takuya mengaku sangat tertarik dan mengapresiasi tentang UHC di Muba setelah membaca beberapa artikel tentang kebijakan jaminan kesehatan masyarakat di Kabupaten Muba. “Saya akan melihat kronologi proses integrasi jaminan kesehatan daerah saat itu dengan Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN dan KIS serta jaminan kesehatan daerah sebelum terintegrasi dengan sistem nasional”, ujarnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image