Melancong ke Negeri di Awan Tembagapura

Wisata  

Di Tembagapura juga ada fasilitas ibadah masjid dan gereja. Masjid dan geraja di Tembagapura masing-masing ada dua. Masjid Darussa’adah menjadi masjid terbesar dan ada mushala Al Munawwarah berdiri di Hidden Valley. PTFI juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit yang lengkap dengan fasilitas gawat darurat, rawat inap, perawatan gigi dan laboratorium radiologi.

Tembagapura memang kota dengan keunikan dan keindahan alam di bumi Papua. Ada kabut, ada hujan, ada awan, ada sungai, ada hutan semuanya berpadu indah dan elok di bumi Cendrawasih. Tembagapura adalah kota tambang yang dihuni wargnya multi suku dan multi budaya.

Chopper Transportasi udara di Papua.

Setelah dari Tembagapura menuju Timika jangan lupa singgah ke Kuala Kencana. Jika adalah kota tambang di dataran tinggi, maka Kuala Kencana adalah kota tambang di dataran rendah. Ada yang menyebut Kuala Kencana kota di tengah hutan rimba Papua. Jika dilihat dari kota ini seperti ada di tengah rimba.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kuala Kencana adalah kota yang juga dibangun PT Freeport Indonesia, kita yang sekarang masuk dalam distrik Kuala Kencana diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995. Walau disebut berada di tengah rimba, kota ini adalah kota modern dengan fasilitas dan prasana pendukung yang lengkap sebagai senuah kota mandiri.

Kuala Kencana adalah kota yang dikelola PT Freeport Indonesia. Kuala Kencana adalah kawasan terbatas karena yang boleh masuk ke sini hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas atau ID PTFI atau yang telah memiliki izin tertentu.

Kuala Kencana yang menurut cerita berasal dari kata “Kuala” yang berarti pertemuan dua sungai dan “Kencana” artinya emas. Jadi Kuala Kencana adalah wilayah pertemuan dua sungai yang mengandung emas. Mungkin maksud cerita ini seperti nama Kuala Lumpur ibu kota Malaysia.

Di Kuala Kencana akan bertemu dengan rumah-rumah penghuninya dibangun tanpa pagar, halaman yang luas yang seperti menyatu dengan alam dataran rendah. Demikian juga dengan saluran kabel listrik, komunikasi, serta pipa air bersih, serta pengolahan limbah rumah tangga tertanam rapi di dalam tanah. Fasilitasnya, tersedia berbagai sarana untuk memenuhi kebutuhan karyawan PTFI dan keluarganya, ada sekolah, alun-alun, masjid dan gereja, perpustakaan, restoran, layanan perbankan dan pusat perbelanjaan serta beragam fasilitas olahraga. Masjidnya cukup besar bernama Baitur Rahim dan gereja Bethlehem.

Untuk fasiltas olahraga lapangan golf di sini memiliki 18 hole berada berada di tengah hutan dataran rendah dengan nuansa hutan tropis dengan nama Klub Golf Rimba Irian. Lapangan golf ini dirancang Ben Crenshaw dan Bill Core dua orang perancang pembangunan lapangan golf terkenal dari Amerika Serikat. Klub Golf di Kuala Kencana ini menjadi lapangan golf pertama di luar Amerika Serikat yang dirancang Ben dan Bill.

Suvenir Papua.

Setelah dari Kuala Kecana jangan lupa keliling Timika ibu kota Kabupaten Mimika untuk mencari aneka suvenir khas bumi Papua atau kuliner khas Papua.

Benar adanya seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, “Tanah Papua, Surga Kecil Jatuh ke Bumi.” Salah satu surga itu ada di Tembagapura. Jadi kapan rencana healing ke sini. Presiden Joko Widodo saja sudah. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image