Sofia in Autumn

Wisata  

Gedung istana presiden.

Menurut catatan sejarah, Islam menyebar luas di pelosok dunia dan nenciptakan berbagai peradaban di dunia. Islam tersebar juga sampai ke kawasan Balkan di benua Eropa, salah satunya ke negara Bulgaria. Bulgaria menjadi basis utama dalam penyebaran Islam di Eropa Timur.

Di negara yang dulu masuk dalam Blok Timur dan dikuasai komunis tersebut menyimpan jejak peradaban Islam. Masjid Banya Bashi saat komunis berkuasa masjid ini ditutup.

Setelah rezim komunis tumbang Masjid Banya Bashi dibuka kembali untuk melayani melayani umat Muslim di Sofia. Kebanyakan dari mereka adalah keturunan imigran Turkiye.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat Dinasti Ottoman berkuasa, Bulgaria termasuk salah satu wilayah kekuasaannya. Ottoman menguasai Bulgaria lebih dari lima abad (abad ke-14 hingga ke-19). Salah satu peninggalan kekuasaan Ottoman tersebut adalah Masjid Banya Bashi yang pembangunannya selesai tahun 1576 pada masa pemerintahan Sultan Murad III (1574-1595). Usia masjid ini sudah berkisar empat abad lebih namun bangunan masih terlihat kokoh.

Masjid ini punya nama lain yaitu Masjid Kadi Seyfullah Efendi. Nama Banya Bashi sendiri memiliki arti : “Banya” berarti pemandian dan “Bashi” artinya banyak. Di daerah dekat masjid dulu ada sumber air panas untuk mandi yang digunakan sejak zaman Romawi kuno. Orang di Sofia menyebutnya “Hammam” yaitu tempat permandian air panas para bangsawan Turkiye zaman dulu. Sekarang fungsinya sudah berubah menjadi museum. Di depan bangunannya masih ada kran air panas dari perut bumi.

Situs kota kuno Serdica.

Tidak jauh dari masjid ada gedung parlemen dan patung Santa Sofia, menyebrang jalan ada pasar besar. Di dekat Masjid Banya Bashi hanya turun tangga sudah ada situs kota Romawi kuno di bawah kota Sofia yang merupakan sisa-sisa kota kuno Serdica.

Mengutip wikipedia menyebutkan, Sofia awalnya merupakan sebuah pemukiman Thracia yang disebut Serdica atau Sardica, yang diyakini mendapatkan sebutan dari nama salah satu suku Thracia Serdi yang bermukim di wilayah tersebut.

Sofia adalah kota menawarkan aneka destinasi, kekayaan atraksi sejarah dan budaya lainnya. Beragam budaya telah membentuk Bulgaria dan Sofia adalah salah satu pusat budaya tersebut, dari peninggalan zaman Romawi kuno, abad pertengahan, Turki Usmani atau Ottoman sampai arsitektur zaman komunisme semua ada di sini. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image