Chicago dari Bola Basket, Cloud Gate dan Musik

Wisata  
Pusat Informasi Chicago. (FOTO-FOTO Maspril Aries)

KAKI BUKIT -- Setelah menempuh penerbangan panjang 15 jam terduduk dalam lambung burung besi dari Abu Dhabi (UEA) menuju Chicago (USA), akhirnya bisa menjejakkan kaki di bandara internasional O’Hare. Bandara O'Hare menjadi bandara pertama tempat saya menjejakkan kaki untuk pertama kalinya di benua Amerika.

Saat melangkahkan kaki keluar bandara yang pernah meraih prestasi Bandara Terbaik di Amerika Utara versi Majalah Business Traveler, teringat akan dua hal tentang Chicago.

Bandara O'Hare Chicago.

Pertama, Grup Band yang berasal dari kota yang terletak di negara bagian Illinois. Grup band tersebut memiliki nama yang sama dengan kota asalnya, yaitu Chicago. Lagu-lagu dari grup musik yang berdiri tahun 1967 tersebut pertama kali akrab di telinga saat duduk di bangku SMA. Chicago sangat dikenal dengan vokalisnya Peter Cetera.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua, adalah klub bola basket Chicago Bulls yang tergabung dalam National Basketball Association (NBA). Chicago Bulls adalah klub bola basket yang sangat berjaya pada era tahun 1990-an dengan pemain bintang yang melegenda Michael Jordan.

 
Bus wisata Chicago.

Atau pada era tahun 1920-an Chicago adalah surga bagi gangster dengan tokohnya Alphonse Gabriel atau lebih dikenal dengan sebutan “Al Capone.” Ingin tahu kisah Al Capone bisa ditonton dalam film “The Untouchables” yang dibintangi Robert De Niro.

Tapi bukan cerita tentang Chicago dan Peter Cetera atau Chicago Bulls dengan Michael Jordan yang menjadi daya tarik dari kota yang menurut Wikipedia didirikan 12 Agustus 1833. Di kota ini ada banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi, dari yang gratis sampai berbayar. Tak salah jika Chicago dinobatkan sebagai salah satu kota paling keren di dunia.

Millenium Park.

Jika anda ingin berkunjung ke museum atau gedung dan bangunan yang menjadi destinasi wisata maka anda harus membeli tiket dahulu yang dalam rupiah yang rentang harganya Rp500.000 sampai di bawah Rp1.000.000/ orang.

Destinasi pertama di Chicago adalah Millennium Park sebuah taman publik yang berlokasi di Loop community. Menurut ceritanya, taman ini dibuka 16 Juli 2004 dengan luas sekitar 99.000 meter persegi. Sejak tahun itu taman telah mendapatkan banyak penghargaan karena desainnya yang menakjubkan kerap ada konser musik dan even lainnya. Ada teater terbuka di sini.

Cloud Gate di Millenium Park.

Selain itu yang paling jadi buruan wisatawan untuk berfoto-ria adalah Cloud Gate. Cloud gate merupakan patung yang bisa memantulkan atau refleksi gambar mirip dengan cermin memantulkan gedung-gedung tinggi di kota Chicago. Gedung-gedung ini berdiri menjulang seolah menjadi pagar Millennium Park.

Cloud Gate sering juga disebut “The Bean” karena bentuknya yang mirip dengan kacang tanah dan merupakan karya dari Anish Kapoor, seniman Inggris kelahiran India. Spesifiknya, Cloud Gate adalah instalasi seni terbuat struktur baja tahan karat dengan ukuran 10 x 20 x 13 m.

Jadi Millenium Park adalah salah satu area pusat kota Chicago yang ramai dengan manusia. Cloud gate yang hampir setiap hari menjelma menjadi cermin memantulkan sosok mereka yang datang ke taman itu untuk mengambil sebuah pose dari sebuah momen foto diri yang instagramable.

Millennium Park yang setiap tahun dikunjungi jutaan orang – Wikipedia menulis ada 25 juta pengunjung yang datang ke sini setiap tahun. Taman ini dibuat untuk merayakan milenium ketiga. Perencanaan pembangunannya dimulai pada Oktober 1997 satu tahun kemudian dimulai konstruksi pembangunannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Kandasnya Mimpi di Tanjung Api-Api

Aneka Rupa Kejahatan Migas di Sumsel

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image