Pesona Irlandia Utara di antara Titanic dan Game of Thrones

Wisata  
Mendarat di bandara George Best Belfast City Airport, Belfast, Irlandia Utara. (FOTO-FOTO Muhammad RIfky)

KAKI BUKIT – Jika anda merasa bosan dalam perjalanan saat healing ke Inggris setelah berkunjung dan berkeliling London, Manchester, Liverpool dan Oxford atau beberapa kota lainnya, bisa mencoba beranjak ke seberang Inggris dengan berkunjung ke Belfast atau Irlandia Utara.

Saya mencoba perjalanan itu dengan terbang dari Bandara Internasional Heathrow di London menuju bandara Belfast City Airport di Irlandia Utara. Dari Indonesia tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta – Belfast. Penerbangan kali ini dimulai dari Palembang menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Dari Bandara Internasional Kuala Lumpur meneruskan penerbangan ke Bandara Heathrow, London menggunakan pesawat maskapai British Airways (BA) milik Inggris.

Menuju Belfast dari London menggunakan penerbangan ke arah Barat Laut melintasi sebuah selat yang sering ditulis North Channel. Perjalanan menuju Belfast selain dari udara dapat juga ditempuh melalui pelayaran di laut. Perjalanan laut ditempuh dengan menyebrang menggunakan feri dari Inggris atau Skotlandia. Sedangkan perjalanan udara dapat ditempuh dengan penerbangan langsung menuju Belfast via London, Inggris atau via Dublin, Republik Irlandia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sudut kota Belfast yang rapi dan tertib.

Di Irlandia Utara atau di ibu kotanya, Berlfast terdapat dua bandara utama. Pertama, Belfast International Airport dan kedua, Belfast City Airport yang juga dinamai “George Best Belfast City Airport.” Nama ini diambil dari nama pemain sepak bola legendaris Irlandia Utara dan Inggris kelahiran Belfast atau Irlandia Utara.

 

George Best kelahiran 22 Mei 1946 dalam karir sepak bolanya pernah bergabung dengan Manchester United FC junior pada 1961 – 1963, kemudian naik ke tim senior. Selama bergabung dengan tim senior berjuluk “The Red Devils” 1963 – 1974 pemain yang meninggal 25 November 2005 dalam usia umur 59 tahun di London, melakoni 361 pertandingan dengan mencetak 138 gol. Di tim nasional Irlandia Utara George Best bermain 37 pertandingan dengan mencetak 9 gol.

Setelah mendarat George Best Belfast City Airport, perjalanan dari bandara menuju pusat kota Belfast bisa menggunakan bus metro atau kereta api. Bandara Belfast International dan Belfast City menyediakan halte bis yang terletak tak jauh dari pintu keluar terminal dengan waktu tunggu antara 15 hingga 30 menit.

Transportasi Bus di Belfast.

Transportasi bus metro juga dapat digunakan untuk mengelilingi kota Belfast. Dengan fasilitas yang dapat diandalkan dan harga tiket yang bervariasi antara £2.5 hingga £3.8, bus metro dapat menjadi pilihan moda transportasi bagi wisatawan asing. Bagi yang lebih senang berjalan kaki tentunya bakal merasa dimudahkan karena fasilitas trotoar dan rambu lalu lintas yang ramah bagi pejalan kaki, serta jarak antara objek wisata yang cukup berdekatan. Bahkan bagi yang ingin ber-jogging dapat mencoba mengelilingi Titanic Quarter dan berlari sepanjang alur sungai Lagan lalu berfoto di patung Big Fish dengan latar belakang pemandangan kota Belfast yang menghadap ke sungai.

Healing atau kunjungan ke negara yang berada di utara bumi tersebut, walau belum sampai ke kutub utara adalah kesempatan menyaksikan langsung keindahan alam sebagai bukti kebesaran Allah SWT sekaligus mempelajari hal-hal baru yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Berkunjung ke tempat yang baru selalu meninggalkan kesan yang luar biasa dan membuat takjub dengan keindahan alami planet bumi yang kita huni.

Setiba di Belfast, ini adalah sebuah kota di arah utara pulau Irlandia yang berbatasan langsung dengan Inggris dan Skotlandia. Cerita tentang Belfast adalah sebuah untaian sejarah panjang Irlandia yang kini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Irlandia Utara yang merupakan bagian dari Inggris Raya dan Republik Irlandia yang menjadi negara tersendiri.

Bagi yang lahir dan tumbuh besar antara tahun 70’, 80’ dan 90’an mungkin masih mengingat sejumlah konflik dan peristiwa-peristiwa mengerikan yang kerap menghiasi pemberitaan internasional terkait Irlandia. Konflik Irlandia Utara, “Bloody Sunday,” IRA, “The Troubles” menjadi istilah-istilah yang tidak asing pada masa itu.

Kini semua peristiwa itu menjadi bagian kenangan. Irlandia Utara kini adalah destinasi wisata yang memiliki keindahan dan keelokan alam dan suasana yang nyaman. Belfast atau Irlandia Utara terkenal karena pelabuhan dan bisnis galangan kapal. Bahkan kota yang terletak di pesisir timur Irlandia Utara dan dilalui oleh sungai Lagan ini merupakan tempat terlahirnya salah satu kapal terbesar dalam sejarah, Titanic.

Kapal Titanic yang melegenda dibuat perusahaan Harland and Wolff Heavy Industries di Belfast tahun dari tahun 1909 – 1911. Kapal ini disebut sebagai kapal modern dan terbesar pada masanya. Titanic memulai pelayaran perdananya pada 10 April 1912 dari Southampton dengan tujuan akhir New York.

Namun malang, pada 14 April 1912 di Samudera Atlantik Utara kapal Titsnic menabrak sebuah gunung es pukul 23:40 sekitar 375 mil di selatan Newfoundland. Keesokan harinya pada waktu dinihari kapal yang membawa ribuan penumpang tersebut tenggelam ke dalam laut yang dingin. Bangkai Titanic baru ditemukan 1 September 1985 oleh ekspedisi gabungan Amerika Serikat Perancis di dasar laut pada kedalaman 13.000 kaki atau sekitar 4 kilometer.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Kandasnya Mimpi di Tanjung Api-Api

Aneka Rupa Kejahatan Migas di Sumsel

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image