Pesona Irlandia Utara di antara Titanic dan Game of Thrones

Wisata  

Museum Titanic Belfast

Museum Titanic di kejauhan.

Untuk mengenang musibah terbesar dengan korban jiwa yang banyak dalam pelayan laut di Belfast berdiri Musium Titanic Belfast. Di musem ini banyak menyimpan kisah atau cerita asal-muasal kapal yang tersohor di penjuru dunia ini dan sejarah kota Belfast.

Museum ini mudah dikenali dari jarak jauh karena memiliki desain yang unik dengan sudut-sudut runcing yang menjadi ciri arsitektur utama bangunan. Di dalamnya terdapat galeri-galeri yang mengisahkan bagaimana kota Belfast pertama kali berdiri dan memulai pembuatan kapal, termasuk Titanic, hingga tragedi yang menimpa Kapal Titanic dan peninggalannya kini. Pengunjung dapat berinteraksi dengan objek-objek dan atraksi di dalam galeri-galeri tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Museum yang terletak di Titanic Quarter, lokasi persis dibangunnya Titanic ini adalah destinasi yang jangan sampai terlewatkan terutama oleh wisawatan yang tertarik dengan sejarah dan masa lalu. Keindahan arsitektur dari museum ini menjadi salah satu aspek yang membuat Titanic Belfast menjadi landmark kota Belfast.

Cranes Raksasa Samson dan Goliath

Kita Belfast memiliki simbol dan ikon kota pun tergolong unik, yaitu dua buah “cranes” raksasa yang dinamai Samson dan Goliath. Wisatawan yang datang ke Belfast bakal langsung disambut oleh kedua crane dalam perjalanan dari dan menuju bandara Belfast City. Warna kuning yang mencolok dan ukurannya yang sangat besar membuatnya tidak dapat diabaikan oleh pendatang yang bakal terus menengok keluar dari jendela bus atau mobil. Samson dan Goliath menggambarkan kejayaan pelabuhan Belfast pada masanya.

“Cranes” raksasa Samson dan Goliath simbol kota Belfast.

Cranes atau derek ini berada di area galangan kapal Harland & Wolff. Goliath selesai dibangun tahun 1969 dan Samson tahun 1974. Goliath memiliki tinggi 96 meter (315 ft), sedangkan Samson lebih tinggi pada 106 meter (348 ft).

Setiap derek memiliki rentang 140 meter (459 ft) dan dapat mengangkat beban hingga 840 ton hingga ketinggian 70 meter (230 ft). Pada masanya cranes ini adalah terbesar di dunia, keduanya mampu mengangkat beban lebih dari 1.600 ton. Samson dan Goliath adalah simbol masa lalu kota Belfast dengan sejarah galangan kapal yang gemilang.

Toko menjual makanan halal di Belfast.

Salah satu toko menjual makanan dan minuman halal.

Bagaimana dengan makanan di Belfast bagi mereka yang berasal dari Indonesia atau negara-negara muslim? Di kota ini ada beberapa toko atau restoaran halal. Kebanyakan restoran ini menjual menu makanan Turkiye atau India/ Pakistan. Sedikit masih cocok dengan selera lidah Indonesia.

Botanic Garden

Setelah makan dan salat perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke hotel atau ke Botanic Garden. Seperti halnya London yang memiliki Kebun Botani Kew atau The Royal Botanical Garden Kew, Belfast juga memiliki Botanic Garden yang juga bisa disebut kebun raya.

Botanic Garden ini memiliki taman bunga dan area terbuka. Area hijau terbuka yang dipenuhi oleh pepohonan rindang dan lapangan rumput ini letaknya tidak jauh dari kampus Queen’s University Belfast, salah satu universitas ternama dan tertua di Inggris.

Botanic Garden Belfast

Botanic Garden memiliki rumah kaca dan koleksi bunga yang beragam dan dapat menjadi sasaran objek foto. Tidak jauh dari Botanic Garden terdapat Museum Ulster yang menyimpan koleksi sejarah lokal Irlandia dan berbagai objek unik mulai dari fosil dinosaurus, mumi, hingga pecahan meteorit.

Botanic Garden mulai dibuka tahun 1828, waktu itu masih sebagai taman pribadi atau Royal Belfast Botanical Gardens dan hanya dibuka untuk umum pada hari Minggu. Botanic Gardens luasnya 28 hektar terletak di Stranmillis Road.

Di tempat ini juga kerap berlangsung konser musik. Menurut ceritanya, tahun 1997 grup musik U2 sempat konser di sini dalam tur PopMart. Ada juga cerita penyanyi Celine Dion yang semula dijadwalkan tampil di Botanic Gardens pada 29 Mei 1999 namun urung tampil karena shownya dibatalkan.

Queen’s University Belfast salah satu universitas ternama dan tertua di Inggris.

Game of Thrones

Dari perjalanan di dalam kota dapat dilanjutkan dengan perjalanan ke arah luar kota. Irlandia Utara selain dikenal tempat lahirnya Kapal Titanic yang kemudian kisahnya dituangkan dalam sebuah film dengan judul yang sama, juga memiliki destinasi yang tidak kalah menarik pesona alamnya dengan negara-negara lainnya di Eropa.

Peta area Game of Thrones.

Irlandia Utara secara geografis memiliki sejarah yang panjang dan dipenuhi berbagai objek wisata alami yang wajib dikunjungi. Bahkan dalam dekade terakhir, objek wisata Irlandia Utara terus menjadi perhatian dunia berkat sebuah serial TV populer, Game of Thrones.

Irlandia Utara menjadi salah satu lokasi syuting bagi serial TV fantasi yang ditayangkan di saluran HBO ini. Seiring popularitas Game of Thrones, atau biasa disingkat GOT, membawa efek positif bagi pariwisata di Irlandia Utara. Setiap tahun wisatawan yang berkunjung ke sini terus meningkat. Banyak wisatawan yang datang sekedar ingin melakukan napak tilas lokasi-lokasi pembuatan film serial GOT atau menjadi inspirasi wilayah Westeros yang muncul di layar televisi.

Lokasi syuting serial TV Game of Thrones.

Pemerintah Irlandia Utara pun memanfaatkan peluang baru pariwisata dengan membuat sejumlah fasilitas penunjang di lokasi-lokasi yang menjadi tempat syuting GOT, seperti membuat penunjuk arah dan papan pengumuman yang menjelaskan sejarah asli lokasi wisata dan deskripsi adegan episode GOT yang menggunakannya sebagai latar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image