Ber-geowisata ke Negeri Erdogan

Wisata  
Tiang-tiang sisa peninggalan yang tersisa di Ephesus (FOTO-FOTO : Dok. Muhammad Rifky)

KAKI BUKIT – Berkunjung ke Turkiye yang dulu bernama Turki adalah perjalanan menyaksikan keindahan bentang alam ciptaan Allah SWT. Kesempatan mengunjungi negeri yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdoğan adalah perjalanan yang mengingat kembali tentang geowisata yang pertama kali di kenal saat kuliah di jurusan Teknik Geologi Universitas Sriwijaya (Unsri).

Dalam diskusi di ruang kuliah, topik tentang geowisata khususnya di Indonesia adalah bahasan yang belum dikenal luas dan kerap konsepnya dianggap tidak punya pijakan atau pondasi yang konkret sehingga tidak digarap sebagai destinasi wisata yang bisa membuat wisatawan tertarik untuk datang seperti halnya di Turkiye.

Walau sebagian wilayah di negara ini pada 6 Februari 2023 sempat dilanda gempa 7.8 skala richter di daerah selatan Turkiye dan daerah barat Suriah. Gempa ini merengut nyawa lebih dari 55.000 orang meninggal di Turkiye dan Suriah, lebih dari 130.000 orang terluka dan kehilangan tempat tinggal, serta menghancurkan sebagian besar rumah dan infrastruktur di daerah tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Geowisata dan Geologist Muda

Selat Bosphorus laut yangt membagi dua Turkiye wilayah di Benua Asia dan Benua Eropa.

Saat pesawat maskapai Turkish Airlines mendarat di bandara Istanbul sudah melintas bayangan tentang beberapa destinasi geowisata yang belum pernah dikunjungi, kini saatnya datang ke sana.

Sebelum berkelana lebih jauh di Turkiye, mari mengenal dulu apa itu geowisata? Mungkin saja banyak yang belum tahu apa itu geowisata dibanding wisata lainnya?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberi jawaban bahwa geowisata adalah wisata yang mendukung karakter geografis suatu tempat, lingkungan, budaya, warisan, estetika, dan kesejahteraan masyarakatnya

Wikipedia memberi definisi geowisata yang dikutip dari modul Pusdiklat Geologi (2007), geowisata merupakan pariwisata minat khusus dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam seperti bentuk bentang alam, batuan, struktur geologi dan sejarah kebumian. Bisa diringkas geowisata atau geoturisme (geotourism) adalah wisata yang memadukan ilmu kebumian dan keindahan alam.

Ber-geowisata di negeri Erdogan adalah wisata tentang ilmu kebumian dan keindahan alam. Berjalan ke Turkiye akan mengunjungi berbagai objek wisata terkenal. Sebagian besar merupakan peninggalan peradaban kuno, seperti Ottoman, Byzantium, Perang Troya, hingga Makedonia.

Seperti Istanbul, salah satu kota terbesar dan terpenting di Turkiye, memiliki bangunan dan arsitektur lampau yang masih tegak berdiri. Bangunan-bangunan ini didirikan menggunakan berbagai macam material yang mampu bertahan lama, termasuk batuan beku hingga sedimen yang dapat diamati pada dinding dan pilar di tiap bangunan tersebut. Sebagian besar objek wisata ini terletak di jantung kota Istanbul yang sangat padat.

Salah satu detinasi favorit di Istanbul adalah selat Bosphorus yang menghubungkan laut Marmana dan laut Hitam yang terkenal. Secara geografis, selat Bosphorus memisahkan bagian tenggara dan selatan Turkiye yang terhubung ke Benua Asia dengan bagian barat laut dan utara Turkiye yang terhubung ke benua Eropa.

Sebagai kota pesisir, Istanbul memiliki posisi unik menjadi pusat perdagangan dan wisata modern. Jalanan yang padat dan berliku, bangunan kuno dan modern yang saling tumpang tindih menghiasi setiap sudut kota, hingga elevasi dan morfologi khas pesisir menjadi ciri utama kota ini.

Tantangan yang bakal dihadapi Istanbul di masa mendatang adalah bagaimana mereka menjaga keberlangsungan kota seiring meningkatnya kepadatan penduduk. Selain itu, mencegah potensi bahaya/ bencana alam semacam banjir hingga perubahan iklim drastis yang kerap mengintai kota-kota pesisir.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image