Peringatan Hardiknas di Muba Luncurkan Tiga Buku

News  
Penjabat Bupati Muba Apriyadi menandatangani sampul buku yang diluncurkan Komunitas Gemar Menulis pada peringatan Hardiknas, 2 Mei 2023 (FOTO : Dinkominfo Muba)

KAKI BUKIT, Sekayu – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang berlangsung di halaman Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Selasa (2/5), selain upacara bendera juga diisi dengan peluncuran buku dari Komunitas Gemar Menulis.

Peluncuran ditandai dengan penandatangan sampul halaman depan buku oleh Penjabat (Pj) Bupati Muba Apriyadi. Tiga buku yang diluncurkan bersamaan tersebut berjudul “Ikhlas Mengabdi,” “Prestasi Guru” dan “Guru Berpantun.”

Pj Bupati Apriyadi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Muba akan terus meningkatkan kompetensi dan kualifikasi tenaga pendidik atau guru di daerahnya. “Salah satunya yakni melaksanakan kegiatan menulis, walaupun ditugaskan di ibu kota kabupaten atau pun di pelosok kegiatan menulis harus terus dilaksanakan,” katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Apriyadi, dengan menulis dapat meningkatkan dan mencerdaskan daya pikir, dengan demikian kemampuan tenaga pendidik dan guru akan menjadi lebih baik lagi.

“Pada Momentum hari pendidikan kepada para guru saya berpesan teruslah harus meningkatkan kualitas dan kompetensi, memberikan pembelajaran kepada anak- anak kita yang akan meneruskan perjuangan ini. Ajarkan etika sopan santun dan kearifan lokal, karena arus globalisasi dan informasi sangat cepat, sedikit banyak akan pengaruhi etika dan sopan santun anak-anak, oleh karena itu tugas utama guru disamping memberikan pembelajaran pengetahuan ialah etika dan sopan santun adat ketimuran," ujar Apriyadi.

Pada kesempatan itu, Apriyadi menyerahkan secara simbolis buku karya para guru tersebut kepada sekolah sebagai bahan literasi sekolah. Buku diserahkan kepada Kepala SMP Negeri 1 Sekayu, Korwil Kecamatan Lalan dan Kepala SMP Negeri 1 Bayung Lencir. Juga diserahkan penghargaan atas pengabdian ASN yang memasuki masa purna bakti, Temon dan Rusilah.

Juga diberikan penghargaan secara simbolis kepada insan pendidik Muba dalam capaian optimal program Merdeka Mengajar tahun 2023. Penghargaan diberikan kepada Arsan Zumardi (Fasilitator Program Guru Penggerak 2023), Imam Santoso, Henny, Acshana Nazwa, Syamsul Hidayat, Yunita Hamsari (Guru SMA Negeri 2 Sekayu - sebagai pengajar praktik Program Guru Lenggerak 2023), Marlina (Kepala SD Negeri 2 Kayuara), Taufiq (Guru SMK Negeri 3 Sekayu) sebagai calon Guru Penggerak 2023 dan Ida Musipin (Guru SMP Negeri 12 Sekayu).

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Selasa (2/5).

Sementara itu pada upacara peringatan Hardiknas yang dihadiri Kapolres Muba AKBP Siswandi, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat, Ketua Pengadilan Agama Sekayu Syarkawi dan para pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Muba, Bupati Apriyadi menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menurut Apriyadi, urusan dunia pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya tanggung jawab pihak Dinas Pendidikan saja maupun para tenaga pendidik atau guru, namun semua pihak terutama orang tua bertanggung jawab akan pendidikan anak-anak. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image