Anak Penjaga Pantai yang Unggul pada Pilpres Turkiye (Bagian 2 Habis)

Politik  

KAKI BUKIT – Tahun 1980 Partai Keselamatan Nasional (MSP - Milli Selamet Partisi) pimpinan Necmettin Erbakan dibubarkan, namun Recep Tayyip Erdogan sudah masuk dalam kancah politik Turki. Pertemuan Erdogan dengan Erbarkan menurut Syarif Thanghian dalam “Erdogan Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki” (2016), membuka cakrawala berfikir Erdogan tentang politik, melatihnya untuk lebih mengenal organisasi dan belajar berpolitik lebih mendalam. Erbakan sendiri merupakan panutan Erdogan saat menjadi pemimpin, karena karakteristik Erbakan dalam memimpin partai.

Erdogan dan AKP

Tahun 1983 Erdogan kembali ke politik ketika Partai Kesejahteraan (RP -Refah Partisi) didirikan dan setahun kemudian Erdogan menjadi Ketua Distrik Beyoglu. Pada tahun 1985, Erdogan diangkat pada pos Pimpinan Provinsi untuk wilayah Istanbul.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tahun 1989 Erdogan mengikuti pemilihan lokal dan meraih suara terbanyak. Pada pemilihan umum tingkat wilayah di Istanbul Raya 27 Maret 1994 Erdogan terpilih menjadi Wali Kota Instanbul sekaligus menjadi Presiden Dewan Metropolitan.

Dengan dukungan dari kelompok-kelompok sosial ekonomi yang lebih rendah dengan mengalokasikan dana kotamadya ke lingkungan yang lebih miskin. Sebagai Wali Kota, Erdogan mampu mengubah Istanbul menjadi lebih berkembang. Erdogan juga berhasil membawa perubahan pada struktur politik maupun kultur yang bersih untuk dibangun. Ia membangun pipa sepanjang ratusan kilometer untuk mengatasi polusi air dan mendirikan 50 jembatan demi mengatasi masalah transportasi.

Erdogan sebagai pemimpin politik yang adil mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dengan mengatakan “Kami membela semua orang dan korban yang tertindas tanpa memperhatikan akar, sekte atau kepercayaan mereka, biarkan mereka menjadi orang Arab, Kurdi, Turkmens, Yazidi, Kristen atau yahudi.” (Erdogan, 01.10.2015).

Erdogan sukses menata kota Istanbul menjadi sebuah kota yang nyaman dan modern, program-programnya sukses mengurangi jumlah pengangguran, menyediakan air bersih bagi masyarakat Istanbul, menanggulangi kadar polusi kota Istanbul dengan penanaman 1000 pohon, danberupaya memberantas prostitusi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image