Anak Penjaga Pantai yang Unggul pada Pilpres Turkiye (Bagian 1)

Politik  
Poster Recep Tayyip Erdogan di Istanbul. (FOTO : Safira Yasmin)

KAKI BUKIT – Republik Turkiye d/h Turki baru saja selesaa melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Mei 2023. Pemilu kali ini adalah kompetisi pemilihan presiden (pilpres) dan anggota legislatif. Pemilu ini diikuti tiga calon presiden, 30 partai politik dan 151 calon anggota parlemen independen.

Ada lebih dari 64,1 juta warga Turkiye terdaftar yang memberi hak suaranya, serta lebih dari 1,76 juta warga Turkiye di luar negeri yang telah memberikan suaranya. Dari jumlah itu ada sekitar 4,9 juta pemilih pemula yang baru mengikuti kontes demokrasi pada pemilu 2023.

Pada pemilu kali ini rakyat Turkiye akan memilih tiga calon presiden yaitu Presiden Recep Tayyip Erdogan (calon pejawat/petahana) yang kembali mencalonkan diri, calon presiden dari oposisi Kemal Kilicdaroglu, dan Sinan Ogan. Satu calon lainnya, Muharrem Ince mengundurkan diri menjelang hari H pemilu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah pemungutan suara ditutup pada pukul 17.00 waktu setempat, media resmi pemerintah Turki, TRT World melaporkan hasil penghitungan sementara Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki 2023.

TRT World yang mengutip data Anadolu Agency pada Senin (15/5/2023) pagi WIB, melaporkan, calon presiden (capres) Recey Tayyip Erdogan unggul jauh atas capres oposisi Kemal Kilicdaroglu dengan masing-masing meraih 49,47 persen dan 44,82 persen. Capres Sinan Ogan mampu mengumpulkan 5,27 persen suara dan Muharrem Ince capres yang mundur mendapatkan 0,44 persen.

Untuk pemilihan anggota parlemen, partai koalisi Erdogan yang dipimpin AKP melawan oposisi CHP juga meraih kemenangan 49,51 persen dan 35,06 persen.

Kemudian Kepala Biro Turki Middle East Eye, Ragıp Soylu, melaporkan hasil sementara versi Anka yang terafiliasi dengan kelompok oposisi menempatkan Erdogan unggul atas Kemal Kilicdaroglu masing-masing 49,25 persen dan 45,04 persen dengan 99,25 persen penghitungan kotak suara.

Sebelumnya banyak lembaga survei di Turkiye mempublikasikan hasil surveinya bahwa calon pejawat atau incumbent Erdogan kalah unggul dibanding pesaingnya dari calon oposisi Kemal Kilicdaroglu.

Namun hasil penghitungan sementara mematahkan semua hasil survei yang dihelat menjelang Pilpres Turki 2023. Jika diantara para calon presiden tidak ada yang meraih kemenangan 50 persen, maka akan berlangsung pemilihan Presiden Turkiye putaran kedua.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image