7 Kepala Negara G7 Berfoto di Gerbang Torii (Bagian 1)

Wisata  
Kepala negara dan pemerintahan negara anggota G7 yang tengah menghadiri KTT G7 di Hiroshima berkunjung ke Pulau Miyajima. Mereka berfoto dengan latar belakang Gerbang Torii. (FOTO Instagram @potus)

KAKI BUKITTujuh kepala negara atau kepala pemerintahan yang berasal dari kelompok tujuh negara kaya atau G7 kini tengah berkumpul di Jepang tepatnya di Hiroshima. Tujuh kepala negara tersebut bersama Presiden Dewan Eropa dan Presiden Komisi Eropa tengah melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang berlangsung sejak 19 Mei 2023.

Salah satu agenda dari KTT G7 tersebut adalah kunjungan kepala negara anggota G7 ke Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima yang terletak di lepas pantai Hiroshima. Mereka yang berkunjung ke kuil pertama yang dibangun pertama kali pada abad ke 6.

Pemimpin G7 yang menjejakkan kakinya di pulau Miyajima adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Georgia Meloni, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, tuan rumah Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida serta Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von Der Leyen.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada banyak momen menarik dari kedatangan kepala negara ke Pulau Miyajima tempat berdirinya Kuil Itsukushima dan Gerbang Torii. Di laman instgramnya @potus, Presiden AS Joe Biden menulis, “Today, I spent some time at the Itsukushima Shrine – a holy place nestled between the hallowe peaks of Mount Misen.”

Di pulau Miyajima, Joe Biden dan kepala negara lainnya berkeliling Kuil Itsukushima, kemudian momen yang memang sudah diagendakan panitia adalah para pimpinan G7 tersebut berfoto bersama dengan latar belakang Gerbang Torii yang seperti mengapung di atas laut.

Mengapa para pimpinan negara-negara kaya itu harus dijadwalan berkunjung ke sini? Yang pasti Pulau Miyajima dengan Kuil Itsukushima dan Gerbang Torii adalah destinasi wisata unggulan Jepang. Jika siapa pun yang healing ke negara matahari tersebut akan diarahkan ke sini.

Gerbang Torii di Miyajima yang mengapung di tengah-tengah laut adalah salah satu ikon Jepang selain Gunung Fuji. Karena keindahannya Miyajima dinobatkan sebagai salah satu dari tiga pemandangan terbaik di Jepang.

Bagi wisatawan dari Jepang atau mancanegara jika ingin ke Pulau Miyajima harus menyebrang dengan kapal ferry dari pelabuhan atau terminal ferry Miyajimaguchi untuk menyebrang pulau Miyajima. Ongkos menyebrang untuk sekali jalan 180 yen. Interval keberangkatan kapal ferry setiap 15 menit sekali.

Saat kapal mulai berlayar di kejauhan sudah terlihat pulau Miyajima dan kuil Itsukushima tentunya Gerbang Torii berwarna orange berdiri di tengah laut menyambut kedatangan siapa pun yang berkunjung. Butuh waktu pelayaran sekitar 10 menit untuk merapat di dermaga terminal ferry Miyajima. Nama pulau tersebut berasal dari kata “Miya” yang artinya kuil, dan “Jima” artinya pulau.

Di Pulau Miyajima yang pertama adalah ke Kuil Itsukushima sudah ditetapkan Unesco sebagai Warisan Dunia sejak 1996. Kemudian sejak tahun 1952 pemerintah Jepang menetapkan pulau Itsukushima atau Miyajima sebagai situs peninggalan budaya yang dilindungi.

Pulau Miyajima luasnya ekitar 30,39 km2. Di sini ada lima destinasi wisata yang bisa dikunjungi . ertama, Grand Torii Gate atau Gerbang Torii. Kedua, Itsukushima Shrine. Ketiga, Daiganji Temple. Keempat, Miyajima Municipal History and Folklore Museum. Kelima, Miyajima Public Aquarium.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image