7 Kepala Negara G7 Berfoto di Gerbang Torii (Bagian 1)

Wisata  

Berkunjung ke Miyajima belum lengkap jika tidak berfoto di depan Gerbang Torii yang jadi ikon pariwisata Jepang. (Dok. Maspril Aries)

Pulau Miyajima dipercaya masyarakat Jepang sebagai tempat tinggal para dewa sehingga kayu dari hutan di sana dilarang untuk diambil. Di pulau ini juga bisa dijumpai hewan rusa yang populasinya terus bertambah, rusa-rusa itu sering merebut makanan dari wisatawan. Rusa ini adalah hewan asli pulau yang sudah tercatat sejak dulu dan dipercaya sebagai pesuruh dewa.

Di pulau ini ada berdiri Gunung Misen yang menjadi latar belakang Kuil Itsukushima dan Gerbang Torii. Saat air laut pasang maka gerbang yang sudah ada sejak tahun 1168 tersebut terlihat seperti terapung di tengah. Saat air surut, bisa mendekat ke gerbang tersebut. Bangunan Gerbang Torii yang ada saat ini dibangunan tahun 1875, berdiri di atas pasir dengan ditopang empat tiang dengan tinggi 16 meter.

Gerbang Torii atau Shutan no Ōtorii adalah gerbang besar yang merupakan penanda sebuah kuil sekaligus dipercaya menjadi batas antara dunia manusia dengan dunia roh. Rekomendasi jika berkunjung ke sini, datanglah saat air laut pasang. Namun jika laut tengah turun, kita dapat berjalan mendekat Gerbang Torii.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada catatan kuno di Jepang yang ditulis tahun 992, Torii pertama kali ada pada pertengahan periode Heian. Torii batu pertama yang dibangun yaitu pada abad ke 12 di kuil Hachiman di Yamagata prefektur. Torii kayu tertua adalah Ryoubu di Kubo Hachiman Shrine di Yamanashi prefektur di bangun pada 1535. Khusus bangunan torii di Kuil Itsukushima telah ada sejak tahun 1168, tetapi torii yang ada sekarang merupakan bangunan tahun 1875.

Pada umumnya bangunan Torii terdiri dari dua batang tiang yang menopang dua batang palang yang berada di bagian atas bangunan. Palang bagian atas bisa terdiri dua buah palang yang bersusun, yakni palang Kasagi dan palang Shimagi, sedangkan palang bagian bawah disebut Nuki. Torii dilihat dari bentuknya, ecara garis besar dibagi menjadi dua bentuk, bentuk Shinmei (shinmei torii) dan bentuk Myōjin (myōjin torii) yang merupakan bentuk dasar dari berbagai jenis bentuk torii.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga mengajak tamunya mengunjungi Kuil Itsukushima. Jika wisatawan yang ingin masuk ke kuil ini haru beli karcis yang harganya 300 yen. Sejarah kuil Itsukushima menurut versi Wikipedia adalah kuil Shinto yang berdiri lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Kisah versi lain menyebutkan, Kuil Itsukushima berdiri Tahun 593 oleh Saeki Kuramoto pada masa kekuasaan Pangeran Suiko. Pada zaman dulu, pulau Itsukushima adalah pulau suci yang tidak boleh sembarang orang datang ke sini.

Berjalan di lorong kuil Itsukushima yang diakui Unseco sebagai Situs Warisan Dunia ada beberapa benda-benda pusaka yang tersimpan di sini seperti sutra Heike Nokyoy yang terdaftar sebagai Pusaka Nasional Jepang. Sementara bangunan utama kuil syahdan ceritanya didedikasikan untuk tiga Dewi Munakata. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image