Novel Biografi Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi dari Peraih Adinegoro

Literasi  

Novel biografi Khairul Jasmi yang laris "Rahmah el Yunusiyyah: Perempuan yang Mendahulu Zaman". (FOTO : IG @jasmi.khairul)

Suci Kusmayanti dalam “Narasi Keteladanan Buya Hamka dalam Novel Ayah Karya Irfan Hamka” (2015) menyebutkan novel atau novel biografi menceritakan sosok/ tokoh yang diceritakan tidak menggunakan bahasa ilmiah yang kaku. Bahkan sampai akhir cerita secara sengaja atau tidak, dengan penggunaan bahasa gaya novel dalam suatu biografi, terciptalah unsur sastra di dalamnya sehingga terbentuklah suatu karya tulis berupa novel biografi.

Buku Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi bukanlah buku biografi, otobiografi atau memoar melainkan novel biografi, walau KJ adalah seorang wartawan dengan latar pendidikan sejarah pada saat menempuh pendidikan S1 di IKIP Padang (sekarang Universitas Negeri Padang) ia lebih menempatkan gaya penulisannya sebagai seorang wartawan atau jurnalis dengan menulis bergenre jurnalisme sastra.

Menurut Anwar Efendi dalam “Nilai Karakter dalam Novel Biografi Hatta: Aku Datang Karena Sejarah Karya Sergius Sutanto” (2020), dalam khasanah perkembangan sastra Indonesia, biografi yang ditulis dalam bentuk novel (roman) sudah ada sejak lama. Salah satu penulis roman biografi adalah sastrawan HAMKA. HAMKA menulis biografi berjudul Ayahku yang berisikan kisah hidup ayahandanya, yaitu Haji Abdul Karim Amrullah dalam bentuk naratif (novel).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kemudian ada novel atau roman biografi yang ditulis NH Dini, terkenal dengan cerita kenangannya: Sebuah Lorong di Kotaku, Padang Ilalang di Belakang Rumah, Langit dan Bumi Sahabat Kami, dan Sekayu. Juga muncul ada novel bigrafi fenomenal yang juga ditulis berdasarkan kisah hidup penulisnya, yaitu Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata.

Mengutip E Khofiyana, Suyitno, & K Saddhono dalam “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Biografi di SMA Melalui Analisis Novel Biografi Sepatu Dahlan” (2013) novel biografi berisi fakta historis tentang perjalanan hidup seseorang yang disajikan dalam naratif imajinatif.

Harapannya, dengan membaca novel biografi, tidak hanya bertemu dengan kumpulan informasi berupa data dan fakta, tetapi memperoleh tawaran tawaran pemikiran alternatif dalam kerangka permasalahan kehidupan yang lebih luas. Ada juga yang menyatakan,novel biografi sebagai salah satu wujud karya sastra yang muncul karena kegelisahan individual.

Novel biografi yang menampilkan sosok atau tokoh akan membawa pesan berbeda dibandingkan dengan narasi dalam bentuk sejarah yang bersifat faktual, juga didukung data-data otentik tentang sang tokoh.

Selamat membaca Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, jika kelak ada produser yang akan mengangkat novel biografi ini ke layar lebar menjadi sebuah film adalah hal yang menarik, karena terjadi transformasi dari karya sastra atau fiksi seperti novel ke film dan ini adalah suatu yang sudah banyak dilakukan di Indonesia dan dunia.

Ketika terjadi transformasi dari novel biografi atau novel ke film mungkin saja terjadi beberapa perubahan. Novel dan film sama-sama memiliki elemen utama yang sama, yaitu cerita. Namun adalam proses pengolahan cerita dari novel menjadi film akan berbeda karena medium utama penyampaiannya yang berbeda.

Novel menggunakan bahasa kata-kata sedang film menggunakan bahasa gambar. Kemudian faktor penceritaannya juga berbeda, jika novel relatif tak berbatas sedang film dibatasi oleh waktu atau durasi.

Fenomena adaptasi novel menjadi film merupakan perubahan substansi dari wacana yang memunculkan istilah ekranisasi.” Menurut kajian ilmiah, transformasi dari karya sastra ke bentuk film disebut ekranisasi. Ekranisasi dari bahasa Prancis, écran yang berarti “layar.” Ekranisasi adalah pelayar putihan atau pemindahan atau pengangkatan sebuah novel ke dalam film.

Sambil menanti film Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi Guru Para Ulama dari Indonesia, sebelumnya akan didahului dengan penerbitan novel biografi ini dalam edisi bahasa Arab untuk mengisi ceruk kebutuhan buku sastra di negara jazirah Arab. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image