Jumpa Pj Gubernur Agus Fatoni, Kenang Masa Lalu Sampai Peran Pers

Literasi  
Pj Gubernur Sumsel menerima enam judul buku dari wartawan Maspril Aries. (FOTO-FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

KAKI BUKIT – Kesempatan bertemu langsung dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni akhirnya terealisasi. Kamis, 16 November 2023 usai menerima audiensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel dan Panitia Konferensi Provinsi PWI Sumsel, kami bertemu kembali.

Walau sebelumnya, kami sudah dua kali bertemu sesaat. Pertama, pada pembukaan Festival Literasi Nusantara 2023 di komplek Asrama Haji Palembang. Pertemuan kedua pada saat kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ke Sumsel, Ahad (12/11).

Di ruang tunggu terminal VIP Bandara Sultan Muhammad Badarudin (SMB) II Menteri Siti Nurbaya sempat berkata, “Nah ini Lampung Connection, ayo sama-sama membangun Sumatera Selatan”, dengan menunjuk kearah saya dan Gubernur Agus Fatoni yang duduk di sebelah kirinya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Akhirnya pada pertemuan di ruang tamu Gubernur Sumsel, kami berbicara berdua kemudian Gubernur Agus Fatoni memanggil Kepala Dinas Kominfo Rifka Rika Efianti serta Kepala Biro Humas dan Protokol Tony Kurniawan untuk ikut mendampingi.

Kepada keduanya, Pj Gubernur Sumsel memperkenalkan, “Ini wartawan senior yang saya sudah kenal lama sejak bertugas di Lampung. Ini dia banyak menulis buku. Untuk mencetak buku siapa selama ini oleh siapa?” ujarnya. Secara singkat dan sigap Rika Efianti yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Humas dan Protokol, memberikan jawabannya.

Pada kesempatan itu, memang saya membawa buku-buku yang saya tulis dan terbitkan. Dari 18 judul buku yang telah ditulis dan diterbitkan ada enam judul buku yang saat itu diterima Gubernur Agus Fatoni.

Buku-buku tersebut berjudul, “Sumsel Selamatkan Indonesia”, “Sumsel dalam Perspektif 14 Jurnalis”, dua buku ini terbit tahun 2014. Kemudian buku berjudul “RA Anita dan Parlemen” terbit tahun 2021 serta “Irene dan Jazz Sungai” yang terbit tahun 2022. Ditambah dua buku terbaru yang terbit tahun 2023, yaitu “Belajar Jurnalistik ke Missouri” dan “Apriyadi dari Kepala Desa ke Kursi Pj Bupati Muba”.

Setelah menerima enam buku tersebut, Agus Fatoni menyampaikan keinginan untuk menerbitkan buku juga. “Ada banyak ide pemikiran saya yang sudah saya tulis, bisa untuk diterbitkan menjadi buku”.

Saya merespon singkat, “Sangat bisa Pak Gub, apa lagi jika materinya masih tersimpan dalam bentuk hard copy atau soft copy di dalam laptop”.

Topik pembahasan tentang buku selesai. Lalu Gubernur Agus Fatoni bercerita kembali tentang masa tugasnya di Lampung usai lulus dari STPDN tahun 1994. Agus Fatoni yang lahir 6 Juni 1972 sempat bertugas sebagai Ajudan Gubernur Lampung Poedjono Pranyoto (alm). Kini menjabat Gubernur Sumsel. Sebagai ajudan ia berinteraksi dengan berbagai pihak dari gubernur sampai wartawan.

Sebagai ajudan orang nomor satu di Provinsi Lampung menurut Ali Imron wartawan Lampung Post kini anggota DPRD Lampung, “Agus Fatoni adalah ajudan yang sangat mengerti tugas wartawan di lapangan, apa lagi saat akan mewawancarai Gubernur Poedjono Pranyoto, dia sangat membantu sehingga wartawan bisa mendapat berita”, ujarnya.

Pj Gubernur Sumsel itu lalu menyebut beberapa nama wartawan yang masih ada dalam ingatan. “Ada Mas Sutarwo kemudian dari Republika ada Maman Sudiaman”, katanya.

Saat menerima Pengurus PWI Sumsel, Agus Fatoni menyampaikan apresiasinya pada pers di Sumsel, kepada wartawan dan media massa yang ada di daerah ini. “Alhamdulillah media di Sumsel selalu memberikan informasi pemberitaan berimbang, berita yang baik-baik, dan wartawannya juga ramah-ramah”, ujarnya.

Agus Fatoni yang juga menjabat Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri mengharapkan kemitraan yang terjalin antara Pemerintah Provinsi dengan kalangan jurnalis tetap terjaga dengan baik.

Pertemuan Agus Fatoni dengan para Pengurus PWI, wartawan dan pemimpin media massa di Sumsel tersebut bukan yang pertama. Usai dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 2 Oktober 2023, 10 hari kemudian tepatnya 12 Oktober 2023, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menggelar silaturahmi dengan pimpinan media, organisasi wartawan, dan organisasi perusahaan pers di Griya Agung.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image