Muhammadiyah Dirikan ITMS di Musi Rawas

Eduaksi  
Bupati Musi Rawas Ratna Machmud (kiri) menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Izin zin pendirian ITMS (Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera) yang diserahkan Kepala LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah II Yuliansyah di Palembang. (FOTO : IG @ratnamachmud)

KAKI BUKIT, Palembang – Setelah menunggu cukup lama akhirnya Persyarikatan Muhammadiyah segera merealisasikan berdirinya sebuah perguruan tinggi bernama Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera (ITMS) di Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Kepastian pendirian ITMS ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Izin Pendirian Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera di Kabupaten Musi Rawas.

Surat keputusan tersebut diserahkan Kepala LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah II Yuliansyah di Palembang, Jumat (04/03) yang diterima langsung Bupati Mura Ratna Machmud. Izin pendirian ITMS tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 84/E/O/2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Hari ini saya menerima langsung Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tentang Izin Pendirian Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera di Kabupaten Musi Rawas,” kata Bupati Ratna Machmud.

Bupati Ratna menyatakan mendukung penuh sekaligus bangga karena pendirian Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera ini merupakan yang pertama di Sumatera Selatan dan berdiri di Kabupaten Musi Rawas.

Bupati Ratna Machmud bersama pengurus dan pendiri ITMS di Musi Rawas. (FOTO : IG @ratnamachmud)

“Ini salah satu bentuk nyata makin bermartabatnya Kabupaten Musi Rawas di Sumatera Selatan. Semoga kehadiran perguruan tinggi ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Musi Rawas,” ujarnya.

Pendirian perguruan tinggi ini sudah digagas 2014 namun dalam perjalanannya menghadapi beberapa kendala yang akhirnya dapat teratasi. Pendirian ITMS ini sudah melalui proses survei, pengumpulan data, pengusahaan lokasi dan kajian akademis.

Rencana pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Musi Rawas, sudah dirintis sejak masa Bupati Mura dijabat Ridwan Mukti. Bupati Ridwan Mukti sempat mengajak ketua tim pendiri melakukan road show ke sejumlah universitas ternama miliki Muhammadiyah di pulau Jawa diantaranya Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Jakarta serta Uhamka.

Awalnya rencana PTM yang akan didirikan di Mura memiliki 11 Prodi (Program Studi) dengan enam fakultas. Namun yang mendapat rekomendasi baru lima prodi dan belum memenuhi syarat untuk menjadi universitas.

Kemudian pada masa Bupati Ratna Machmud gagasan mendirikan PTM dengan nama Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera (ITMS) mendapat dukungan penuh moril dan finansial sampai akhirnya terbit izin dengan keluarnya SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kampus ITMS direncanakan akan berlokasi di Muara Beliti ibu kota Kabupaten Mura. Untuk kampus direncanakan di Desa D Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Benny Arnas Penulis 27 Buku + 200 Cerpen + 200 Esai

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Wartawan Utama/ Penggiat Literasi/ Konten Kreator/ Tutor/ Penulis/ Penerbit Buku -- Palembang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image