Datuk Faisal Mursyid, Ratu Tisha dan Piala Dunia U-20

Olahraga  

Kemudian Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan juga berdampak positif bagi perekonomian negara Nelson Mandela tersebut. Menurut pernyataan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, negaranya meraih keuntungan dari FIFA World Cup 2010 tersebut mendapat keuntungan 33 milar Rand (setara Rp38,6 triliun) yang diinvestasikan dalam bentuk infrastruktur transportasi, telekomunikasi dan pembangunan stadion. Ada 66.000 orang mendapat pekerjaan dari proyek pembangunan dan renovasi stadion. Selain keuntungan ekonomi, Afrika Selatan mendapatkan citra dan publikasi positif ke seluruh dunia.

Semua data di atas adalah jumlah atau angka dari pelaksanaan Piala Dunia senior. Apakah Piala Dunia U-20 juga bisa memberikan keuntungan yang sama? Jangankan Piala Dunia, penyelenggaraan Asian Games saja berdampak secara ekonomi. Pada Asian Games 2018 menurut Ketua INASGOC Erick Thohir, dari materi yang sudah dikeluarkan untuk menyelenggarakan Asian Games, dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai Rp 45,1 triliun yang sangat dipengaruhi oleh dunia usaha seperti makanan, minuman, transportasi, dan tempat wisata.

Adanya Asian Games pelaku usaha UMKM dapat hidup yang berarti mengurangi angka pengangguran. Ada 400 pelaku UMKM yang menjadi bagian dari produsen barang souvenir Asian Games di Jakarta dan Palembang yang digandeng oleh 17 pemegang lisensi resmi khusus, di mana 15 diantaranya merupakan perusahaan lokal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) lalu Bambang Brodjonegoro, pagelaran Asian Games 2018 selama sebulan lamanya disebut-sebut telah membawa dampak pertumbuhan ekonomi di beberapa wilayah tempat pertandingan berlangsung, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat serta Banten.

Bappenas mencatat Sumatera Selatan menjadi wilayah yang mendapatkan pertumbuhan ekonomi domestik paling tinggi selepas Asian Games. Sumsel pertumbuhan ekonominya bisa bertambah 0,57 persen akibat Asian Games karena kebagian cukup banyak venue. Pertumbuhan ekonomi riilnya bisa jadi 6,57 persen. Penciptaan nilai tambah atau keuntungan ekonomi riil-nya mencapai Rp2,3 triliun pada 2018 keuntungan ekonomi riil yang tercipta selama periode 2015-2019 adalah Rp7,5 triliun. Adapun efek pengganda terhadap output perekonomian 2015-2019 adalah sebesar Rp 14 triliun.

Datuk Faisal Mursyid berharap dengan terpilihnya Stadion Gelora Sriwijaya menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20. “Pada pembagian grup, yang bertanding Gelora Sriwijaya kita harapkan tim nasional dari Amerika Selatan seperti Brasil dan Uruguay atau timnas dari negara Eropa seperti Inggris, Prancis, Italia dan timnas Indonesia. Bisa dibayangkan seperti apa suporter yang akan meramaikan stadion?” katanya.

Saya berdoa agar harapan Faisal Mursyid Datuk Talangik bisa terkabulkan. Ini adalah salah satu cara saya mengakui Datuk Faisal Mursyid sebagai figur berjasa membawa laga Piala Dunia U-20 2021 bertanding di stadion Gelora Sriwijaya, Palembang. Stadion kebanggan Wong Kito yang selama ini menjadi kandang Sriwijaya FC. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image