Belanja Produk UMKM Binaan SKK Migas Bisa dari Tokopedia

News  
Penandatanganan kerjasama antara SKK Migas dan Tokopedia untuk pemasaran produk UMKM binaan SKK Migas dan KKKS secara online melalui toko digital. (FOTO : Humas SKK Migas)

KAKI BUKIT, Palembang - Siapa saja yang ingin belanja produk-produk Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) binaan industri hulu minyak dan gas (migas) SKK Migas - KKKS semakin mudah. Untuk belanja produk-produk tersebut bisa secara daring atau online.

Dalam keterangan pers SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi), Ahad (16/4), telah menandatangani kerjasama dengan platform pasar digital Tokopedia

Menurut Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro, kerjasama ini sebagai wujud kepedulian terhadap UMKM dan bagian dari pembinaan usaha mikro SKK Migas - KKKS melalui Forum Kapasitas Nasional (KapNas) untuk mengembangkan dan memasarkan produk-produk lokal binaan, sehingga bisnis UMKM yang dibina bisa berkembang dalam memasarkan produk secara digital.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kerjasama ini sebagai pembinaan terhadap UMKM dan membantu memasarkan produk UMKM Industri Hulu Migas sekaligus merupakan komitmen SKK Migas - KKKS membantu usaha kecil di wilayah operasi hulu migas," kata Hudi.

Melalui kerjasama ini menurut Hudi, pembinaan terhadap UMKM akan mampu menaikan perekonomian warga di sekitar wilayah kerja migas.

"Jadi langkah ini merupakan implementasi rencana dan strategi yang telah ditetapkan SKK Migas bahwa target peningkatan produksi minyak dan gas akan sejalan dengan peningkatan multiplier effect salah satunya bekerjasama dengan Tokopedia," ujarnya.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas menegaskan, "Kerjasama dengan Tokopedia merupakan komitmen pasti SKK Migas - KKKS, untuk produk lokal dan diharapkan produk UMKM tersebut mampu bersaing secara nasional."

Untuk merealisasikan kerjasama SKK Migas danTokopedia tersebut, langkah awal adalah melakukan pelatihan terhadap pengusaha UMKM dengan Tokopedia dilakukan secara offline dan online.

Menurut Ketua Forum Kapasitas Nasional Erwin Suryadi, saat ini ada sekitar 300 UMKM binaan industri hulu migas yang akan bermain di platform digital Tokopedia. "Ini adalah peluang UMKM untuk memasarkan produk-produk mereka lebih luas dan menjangkau puluhan juta potensi pembeli di platform Tokopedia," katanya.

Erwin Suryadi menjelaskan, "Pada Program Kapasitas Nasional III Tahun 2023 yang akan berlangsung di Jakarta, kami mencoba menunjukkan konsistensi dan keberlanjutan program dengan menggandeng pihak eksternal yang berkompeten seperti Tokopedia, Sucofindo, Majoo dan Petrotekno," ujarnya.

Pada penandatanganan kerjasama tersebut Aditia Grasio Nelwan Public Affairs Senior Lead Tokopedia mengatakan, "Sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia terus berupaya membantu tumbuh kembang pelaku UMKM lokal Hulu Migas lewat pemanfaatan teknologi."

Menurutnya, saat ini Tokopedia juga sudah menjadi rumah bagi lebih dari 12 juta penjual yang hampir seratus persen UMKM lokal. "Kami senantiasa berupaya mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku UMKM lokal agar mereka bisa terus relevan dengan perkembangan era digital," ujar Aditia. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image