Sedekah Rami Tradisi dari Sungai Keruh Muba

Budaya  
Pj Bupati Muba Apriyadi dan Ketua TP PKK Muba melemparkan lemang kepada warga yang sudah menanti di bawah rumah. (FOTO-FOTO Dinkominfo Muba)

KAKI BUKIT – Ada banyak tradisi terus tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Indonesia, salah satunya disebut “sedekah bumi.” Ada banyak tradisi sedekah bumi pada berbagai daerah di Nusantara. Seperti di Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ada tradisi sedekah bumi yang berlangsung setelah hari raya Idul Fitri, di sini disebut “sedekah rami.”

Kamis (3/5) warga dari berbagai desa di kecamatan Sungai Keruh datang berbondong ke Desa Kertayu yang menjadi tempat berlangsung tradisi sedekah rami. Penjabat (Pj) Bupati Muba Apriyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Asna Aini Apriyadi sengaja datang ke desa yang berjarak sekitar 35 km dari Sekayu, ibu kota Kabupaten Muba.

Ratusan warga memadati jalanan Desa Kertayu menunggu pembagian lemang dari Apriyadi dan Ketua TP PKK Asna Aini. Ternyata menurut seorang warga bernama Tarmizi, sudah sejak masih menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Apriyadi selalu menghadiri acara sedekah rami di desa mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat Bupati Apriyadi membagikan lemang dari lantai dua rumah warga, di bawah dari orang tua, remaja dan anak-anak berebut lemang dengan gembira.

“Sedekah rami atau sedekah bumi di sini identik dengan lemang, makanan khas terbuat dari ketan yang dibakar menggunakan bambu. Rasanya, ada yang manis dan ada juga yang asin,” ujar Tarmizi.

Sementara itu menurut Kepala Desa Kertayu Ratna Juwita, kehadiran Pj Bupati Muba Apriyadi dan Ketua TP PKK Muba membuat acara tradisi sedekah rami tahun ini semakin semarak dan meriah.

Pj Bupati Muba makan bersama pada acara tradisi sedekah rami.

“Tahun lalu Pak Apriyadi juga datang ke sini untuk ikut acara sedekah rami. Sekarang datang lagi, dia sangat menjaga dan menghormati tradisi warga di di sini,” kata Ratna Juwita.

Melihat kehadiran warga yang ramai dan antusias berebut lemang, Pj Bupati Muba berpesan bahwa tradisi sedekah bumi dengan membagikan lemang tersebut harus terus dijaga dan dilestarikan. “Supaya anak cucu tetap menjaga tradisi ini, jangan sampai luntur. Apalagi ini sudah turun temurun dilaksanakan,” ujarnya.

Apriyadi sangat mengapresiasi antusias warga Kertayu dan warga Kecamatan Sungai Keruh yang hingga saat ini mampu menjaga tradisi kearifan lokal.

“Tradisi ini adalah salah satu bentuk wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa atas keberhasilan panen pertanian warga dan berharap agar selalu terhindar dari musibah dan bencana,” katanya.

Tradisi sedekah rami atau sedekah bumi selalu terlaksana setiap tahun, termasuk saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Seperti pada tahun 2021, sedekah bumi berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang langsung diawasi Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sungai Keruh.

Menurut Camat Sungai Keruh Edi Heryanto, sedekah bumi ini sudah menjadi tradisi masyarakat setempat sehingga warga tetap berupaya melaksanakannya walau sedang pandemi.

Ritual Adat

Sedekah rami atau sedekah bumi adalah tradisi yang ada di tengah masyarakat Indonesia. Ada beragam ritual dalam tradisi sedekah bumi antara satu daerah dengan daerah lainnya berbeda. Tradisi sedekah bumi di Desa Kertayu, Kecamatan Sungai Keruh berbeda dengan tradisi sedekah bumi di tempat lain.

Desa Kertayu di Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba memiliki luas wilayah sekitar 7.800 Ha letaknya sekitar 6 km dari pusat kecamatan. Jumlah penduduk sekitar 2.280 orang yang bermukim di enam dusun.

Pj Bupati Apriyadi melempar lemang kepada warga.

Mengenai sejarah tradisi sedekah rami atau sedekah bumi di Desa Kertayu, menurut penelitian Novalina Mursese dan Desy Misnawati berjudul “Makna Simbolik Ritual Adat Tradisi Sedekah Rami Di Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin” (2022), awal mula tradisi sedekah rami bermula saat di Desa Kertayu terkena suatu musibah berupa Aboh (wabah penyakit) muntaber yang mana pada saat itu tidak ada satupun masyarakat Kertayu yang tidak terkena penyakit tersebut dan bahkan banyak masyarakat yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Melihat keadaan meresahkan, masyarakat Desa Kertayu melakukan wangsit mencari petunjuk yang dilakukan melalui pertapaan yang diterima oleh juru kunci atas petunjuk dari Puyang Burung Jauh. Masyarakat diminta untuk melakukan sedekah bumi atau dikenal dengan sedekah rami yang pada saat itu dilaksanakan setelah panen padi dengan membuat makanan berupa lemang.

Setelah kejadian tersebut, ritual adat ini terus dilakukan oleh penduduk Kertayu sampai sekarang. Sedekah rami ini juga dianggap oleh penduduk Kertayu sebagai tolak balak. Tradisi sedekah rami juga menjadi tradisi yang yang dilakukan oleh penduduk Kertayu untuk mempererat silaturahmi kepada sesama.Setelah proses acara ini selesai penduduk akan bertamu ke setiap rumah tetangga mereka.

Sementara itu makanan lemang merupakan makanan pokok saat acara sedekah rami berlangsung. Lemang ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan menggunakan gula aren dan pisang kemudian dimasak di dalam bambu. Lemang pun menjadi sebuah simbol dalam sedekah rami.

Maka tradisi sedekah rami ini dikenal juga dengan “sedekah melemang.” Ada juga yang menyebut sedekah “Puyang Burung Jauh” atau “Puyang Tumamia” yang merupakan tokoh yang dikeramatkan oleh masyarakat Desa Kertayu.

Puyang Tumamia yang bergelar “Burung Jauh” dianggap oleh masyarakat sebagai seseorang yang kuat dan sekarang makamnya dikeramatkan oleh masyarakat di Desa Kertayu.

Puyang Tumamia atau Puyang Burung Jauh yang dikeramatkan oleh penduduk Desa Kertayu merupakan sosok seseorang yang tidak dilahirkan seperti layaknya manusia biasa pada umumnya, dia ditemukan di depan rumah gadis tua di desa ini, yaitu Puyang Rabi’ah kemudian dia dibesarkan oleh Puyang Rabi’ah ini.

Menurut Novalina Mursese dan Desy Misnawati dengan bersumber dari cerita rakyat barai (lama) dikatakan bahwa pada suatu hari saat Puyang Rabi’ah sedang bertenun didalam rumahnya tiba-tiba terdengar suara bayi menangis , kemudian Rabi’ah mengambil bayi tersebut dan dibawanya ke dalam rumah. Bayi tersebut kemudian diberi nama Tumamia dan dirawat dengan baik, bayi itu sudah dianggap oleh puyang Rabi’ah sebagai anak kandungnya sendiri walaupun ia tidak mengetahui asal usulnya.

Tradisi sedekah rami menjadi tradisi yang dilakukan turun temurun dari generasi ke generasi oleh masyarakat Desa Kertayu. Sedekah rami merupakan ritual adat yang dilakukan masyarakat setelah panen padi, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tolak bala serta sebagai sarana mempererat silaturahmi kepada sesama.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image