Rasisme Sepak Bola Eropa ada Mesut Ozil dan Dani Alves

Olahraga  

Striker Real Madrid Brasil Vinicius Jr menyapa ke pendukung Real Madrid menjelang pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara Real Madrid dan Rayo Vallecano, di Madrid, Spanyol, Kamis (25/5/2023) WIB. (FOTO : Foto: EPA-EFE/ Rodrigo Jimenez)

Rasisme memang perilaku yang harus dikikis dari dunia sepak bola. Spanyol dan Brasil punya cara untuk memerangi rasisme dengan slogan “Satu Kulit.” Federasi sepak bola Spanyol RFEF dan Federasi sepak bola Brazil CBF sepakat untuk menggelar laga persahabatan antara kedua tim nasional bertajuk Anti-Rasisme. Pertandingan persahabatan akan berlangsung di Santiago Bernabeu pada Maret 2024.

Pertandingan yang bertujuan untuk memerangi rasisme tersebut direncanakan, setelah terjadi kemarahan global akibat pelecehan terhadap pemain Real Madrid, Vinicius Junior. Pemain sayap Brasil tersebut mengalami pelecehan rasial oleh para pendukung Valencia pada Mei 2023.

Presiden RFAF Luis Rubiales menyatakan pentingnya hukuman yang lebih berat perlu diterapkan dalam kasus rasisme oleh otoritas sepak bola. Dan menurut Ednaldo Rodrigues Presiden CBF, federasi sepak bola yang dipimpinnya adalah federasi pertama yang menerapkan sanksi lebih keras untuk kasus-kasus rasisme, seperti pengurangan poin di klasemen liga, penutupan tribun atau pengusiran seumur hidup terhadap anggota klub.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kita harus memimpin kampanye di seluruh dunia untuk melawan virus yang membuat malu semua orang di sepak bola ini. Denda saja tidak cukup. Klub-klub juga harus bertanggung jawab. Tidak ada tempat bagi penghinaan rasis dalam sepak bola kita,” kata Rodrigues.

Rasisme atau diskriminasi yang mengurat mengakar pada sepak bola di Eropa tidak hanya terbatas pada hal warna kulit, melainkan seringkali ialah menyangkut budaya. Kasus rasis dan diskriminasi dalam sepak bola sudah menjadi persoalan klasik internasional.

FIFA telah mengatur mengatur pelanggaran rasis dalam statuta untuk dihukum. UEFA pada 2013 juga menerbikan disciplinary regulations (DR) yang mengatur pelanggaran rasis pada pasal 14 yang menyatakan bahwa : Setiap orang di bawah lingkup Pasal 3 yang menghina martabat manusia seseorang atau sekelompok orang dengan cara apapun, termasuk atas dasar warna kulit, ras, agama atau asal-usul etnis, akan mendapatkan suspensi yang berlangsung setidaknya sepuluh pertandingan atau periode waktu tertentu, atau sanksi lain yang sesuai.

Dani Alves saat memperkuat Barcelona. (FOTO : IG @danialves)

Ada beberapa contoh kasus rasisme pada sepak bola Eropa berikut hukumannya. Salah satunya, UEFA menginvestigasi dan mengambil tindakan pada kasus rasisme yang ditujukan pada pemain Barcelona Dani Alves saat menghadapi Villareal tahun 2014 pada kasus pelemparan pisang oleh suporter tuan rumah Villareal saat pemain asal Brazil tersebut akan melakukan sepak pojok.

Klub Villareal memberi hukuman dengan melarang suporter pelaku pelemparan pisang mendatangi ke markas villareal yang bernama El Madrigal selama lamanya. Pelaku juga dipecat dari pekerjaan sebagai pelatih salah satu sepak bola klub usia muda di Spanyol.

UEFA tidak hanya memberikan sanksi atau hukuman yang terkait dengan tim utama atau senior. Seperti yang terjadi pada klub Atlético de Madrid Youth dikenai sanksi dengan penutupan sebagian stadion pada pertandingan kandang UEFA Youth League berikutnya dan didenda € 10.000 karena perilaku yang tidak tepat dari tim dan perilaku rasis para pendukung mereka selama pertandingan melawan Manchester City FC Youth pada 26 Februari 2014.

Kasus rasisme lainnya adalah menimpa pemain tim nasional Jerman Mesut Ozil setelah sang Juara bertahan Jerman gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2018 akibat mengalami kekalahan 0-2 dari Korea Selatan, Mesut Ozil pun menjadi sasaran oleh fans Jerman termasuk para petinggi sepak bola Jerman.

Mezut Ozil yang menyatakan mundur dari tim nasiona Jerman melalui akun twitterya mencuit, “Saya adalah orang Jerman ketika kami menang. Tetapi, saya adalah orang imigran ketika kami kalah,” tulis Ozil di twitternya. Setelah itu Mesut Ozil hijrah ke Turkiye dan menetap di negara Recep Tayyip Erdoğan tersebut.

Itulah ragam dan bentuk rasisme pada sepak bola di benua Eropa. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image